Ransel nyaman di punggung memudahkan perjalanan petualangan maupun traveling. Ransel untuk perjalanan lebih dari tiga hari bervolume lebih besar dari 30liter, umumnya 60=70liter. Apalagi ke alam semakin besar kebutuhan volume karena membawa sleeping bag, matras, botol air dan banyak lagi.

Ada dua tipe dalam mengemas ransel. Pertama mereka yang asal masuk, kedua yang rapih pepat. Bagi yang pertama pilih ransel dengan satu kompartemen. Sedangkan mereka yang rapih akan memilih jenis dengan banyak kompartemen untuk memepatkan bawaannya,.Semakin banyak semakin rapih.

Pada dasarnya ransel terdiri dari kompartemen utama, tutup sekaligus kompartemen tambahan, kantung sisi untuk kebutuhan yang sesekali digunakan dalam perjalanan seperti botol air minum, dan sabuk sabuk untuk pengikat kompartemen serta tali pinggang dan pundak.

Ada sembilan komponen utama yang patut diperhatikan dalam memilih ransel.

  1. Tutup yang memuat keperluan selama jalan, seperti jaket, senter, kompas dan peta. Ada tutup ransel yang dapat dilepas dan dijadikan fanny pack, tas pinggang
  2. Sabuk pinggang yang dalam pemasangan harus dikencangkan terlebih dahulu.
  3. Kemudian sabuk strap pundak yang dikencang kedua. Sisakan jarak dua jari bisa terselip di sabuk pundak
  4. Selanjutnya sabuk dada untuk menyeimbangkan beban ransel. Ini jangan terlalu kencang karena dapat menghambat sirkulasi darah pada lengan.
  5. Sabuk ketiga yang disesuaikan adalah sabuk dada untuk beban ransel agar seimbang.
  6. Sabuk keempat pada sisi pundak yang merapatkan dan meregangkan ransel ke tubuh. Semakin rapat beban akan terbagi dari pinggang ke pundak.
  7. Sabuk di sisi ransel untuk mempepatkan ransel agar isinya tidak guncang dan mengganggu keseimbangan saat jalan. Sabuk ini juga dapat untuk mencantelkan perlengkapan tambahan.
  8. Kantung di bagian pinggang memudahkan membawa krim sinar matahari, lipgloss atau smart phone yang sewaktu waktu diperlukan sambil jalan.
  9. Kantung sisi ransel untuk menyisipkan botol air minum agar tidak dehidrasi, jika ransel tidak dilengkapi hydropack/camelback.

Selamat memilih. (ads/Outside magazine)

FOTO UTAMA:

Cara menggunakan ransel ukuran perjalanan satu  minggu yang tepat oleh Fandi Ahmad di Lembah Danau-Danau, Taman Nasional Lorenz, Papua. (adiseno)

Similar Posts