jalur pendakian gunung kerinci

PADANG ARO – Ibukota kabupaten Solok Selatan, Padang Aro sepi. Hotel hanya ada satu, Pesona Alam Sangir.  Kota pun tidak seramai Muara Labuh, kota terdekat. Sepi ini menjadi modal potensi wisata alam di Padang Aro.

Padang Aro dari bandara di Padang maupun di Jambi sama jauhnya. Butuh berjam-jam duduk berkendaraan baru bisa tiba di Padang Aro. Jalan pun masih banyak lubang, maklum Padang Aro ditengah Bukit Barisan. Daerah patahan aktif, di mana permukaan tanah bergeser.

jalur pendakian gunung kerinci
Air terjun indah ditengah kota Padang Aro. Tersembunyi dari pandangan karena berada di bawah jembatan jalan utama Padang Aro Muara Labuh. (adiseno)

Kabupaten Solok Selatan sedang giat mengajukan Geo Park karena alamnya yang menarik. Salah satu andalannya, Gua Batu Kapal.  Dinamai demikian karena dinilai mirip kapal, dan rongga gua mirip sekat-sekat ruang dalam lambung kapal.

Tanpa harus jauh meninggalkan kota,  beberapa objek wisata alam dapat dinikmati di kota sepi ini. Di jembatan Timbulun terdapat air terjun. Pengembangan wisata canyoning sedang dipertimbangkan, demikian ungkap Aig Warenko, petugas Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Selatan. Selain itu mengikuti aliran sungai ke hilir terdapat batang pohon yang menjadi tempat tinggal ratusan kalong besar. Pada pagi hari  jeritan Siamang masih bergaung dari hutan lereng bukit di  selatan kota.

Tujuan utama wisata alam di Padang Aro tentu saja pendakian Gunung Kerinci (3.805m). (ads)

Foto utama: Gunung Kerinci (3.805m) dari Kota Padang Aro. Jalur pendakian baru dipersiapkan dari sisi ini yang akan menjadi jalur kedua setelah Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci. (adiseno)

Similar Posts