Pantai Gigi Hiu telah jadi lokasi slackline penyeberangan pantai perdana di Lampung.   Tantangan perdana menjadi pilihan pegiat slackline. Keindahan pemandangan menjadi pilihan para pemotret alam. Pantai ini oleh masyarakat setempat disebut Pantai Pegadungan atau Karang Pegadungan. Memang letaknya di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Provinsi Lampung. Julukan Gigi Hiu datang batu karang tegak dan lancip merupakan sisa formasi batuan pembentuk tanjung yang muncul tergerus ombak.

PETA

pantai gigi hiu

menuju gunung gede via gunung putri MENUJU KESANA

Perjalanan ke Pantai Gigi Hiu merupakan pengalaman transportasi multi moda. Sasaran pertama adalah pusat provinsi Lampung, kota Bandar Lampung. Tentu menuju ke Bandar Lampung dapat menggunakan pesawat udara menuju bandara Radin Inten II. Jalan darat dari Jawa berarti melintasi Selat dari pelabuhan feri di Merak, Banten. Membawa kendaraan tentu bisa karena rutin feri penyeberangan kendaraan pulang pergi.

Dari Jakarta kendaraan umum ada di terminal  Kalideres ke Pelabuhan Merak (Rp20.000,- untuk kelas ekonomi) ditempuh sekitar dua jam. Feri penyeberangan Merak- Bakaheuni biaya Rp11.500,-/penumpang dalam waktu dua jam. Bakheuni Bandar Lampung dapat menggunakan bus AC  dengan biaya Rp25.000,-/penumpang ditempuh sekitar dua jam.

Gunakan kendaraan darat menuju  Teluk Kiluan yang berjarak sekitar 73km dari Bandar Lampung, Jalan ini adalah jalan yang menyusur sepanjang pesisir Selat Sunda dari Teluk Betung menuju Padang Cermin hingga lokasi wisata Teluk Kiluan yang terkenal karena pemandangan lumba-lumba.

Travel, kendaraan AC dengan waktu tempuh tiga sampai empat jam, biaya Rp45.000,- dari Bandar Lampung.

Disarankan untuk mengendarai ojek dari Kiluan karena jalan tanah berbatuan di medan bergelombang dari Padang Cermin ke Kiluan semakin parah menuju ke desa Pegadungan yang tinggal lima kilometer saja. Perkiraan biaya ojek Rp200.000,- per motor pulang pergi.

 

menuju gunung gede via gunung putri PENGINAPAN

Di Pegadungan penduduk jauh dari lokasi pantai. Jika ingin bermalam di Pantai Gigi Hiu berarti bermalam di tenda lebih praktis.

Penginapan ala homestay banyak di Teluk Kiluan.  Dari Teluk Kiluan menggunakan ojek dan dilanjutkan jalan kaki untuk mencapai pantai akan memakan waktu satu jam atau lebih. Biaya berkisar antar Rp150.000,- hingga Rp500.000,-/malam.

Berikut daftar kontak yang disediakan Dinas Pariwisata Lampung untuk homestay di Teluk Kiluan:

1. Pondok Ekowisata Solihin (homestay) 081369997831, berjalan kaki 300 M dari Dusun Bandung Jaya.

2. Pondok Dhio CP: (area parkir luas), kamar mandi di dalam, Dhio 08127218117.

3. Pondok BAAM Dusun Bandung Jaya , (homestay) 081379930669.

4. Pondok Rusdi Dusun Bandung Jaya (homestay Pak Kadus) 085267211951.

Perahu untuk dolphin tour : Robis 082179964398, Amir 085384212070 , Abas 0828801406.

 


menuju gunung gede via gunung putri
PERIZINAN

Tidak ada izin khusus. Penduduk kadang meminta sumbangan, diperkirakan Rp50.000,- untuk satu rombongan pengunjung.

 

menuju gunung gede via gunung putri MAKANAN

Makanan harus dibawa sendiri. Bisa disiapkan dari Bandar Lampung, atau paling tidak dipesan dari pemilik homestay di Teluk Kiluan. Saat memesan penginapan, penting untuk menyampaikan jumlah rombongan agar makan dipersiapkan. Makanan yang disediakan lokal seperti ikan dengan harga per porsi/orang Rp17.000,-.

 

menuju gunung gede via gunung putri

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN

  • Peralatan slackline
  • Pakaian hangat dan ganti
  • Kantong tidur atau Sleeping Bag
  • Makanan dan snack
  • Perlengkapan memasak
  • Tenda, flyshheet, alat pendukung pembuat shelter
  • Senter atau headlamp
  • Sepatu
  • Jaket hujan/angin
  • Peralatan fotografi/video

(ads)

Similar Posts