mendaki gunung merbabu via suwanting

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang memiliki banyak jalur pendakian. Setidaknya ada lima jalur yang biasanya digunakan untuk menuju ke Gunung Merbabu. Dari sisi utara, ada 3 jalur yakni Cunthel, Thekelan, dan Wekas. Sementara dari sisi selatan ada jalur Selo yang populer. Selain itu, ada satu jalur dari sisi barat, yakni jalur Suwanting yang baru dibuka kembali. Berikut cara untuk mencapai jalur pendakian Suwanting beserta beberapa informasi yang dibutuhkan.

menuju gunung gede via gunung putri

MENUJU KESANA

Banyak pilihan kendaraan untuk menuju ke Gunung Merbabu. Tapi yang harus diingat dan dicatat yaitu Gunung Merbabu memiliki jalur yang berada di Salatiga, Magelang, dan Boyolali. Apapun kendaraan yang digunakan, nantinya akan ke tiga kota tersebut berakhir. Sedangkan rincian lengkap transportasi untuk menuju Dusun Suwanting adalah sebagai berikut:

  • Kendaraan Pribadi

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, ada dua jalur yang memungkinkan. Pertama, masuk melalui Magelang dan melanjutkan perjalanan melewati Ketep Pass. Setelah itu untuk menuju Dusun Suwanting nanti akan ada pertigaan ke kanan beberapa ratus meter sebelum pertigaan jalur Wekas.

Sedangkan jalur lain adalah melewati Salatiga, tepat setelah perempatan Pasar Sapi lalu melanjutkan perjalanan menuju Ketep Pass. Jalan untuk menuju ke Dusun Suwanting ada di pertigaan sebelah kiri beberapa ratus meter setelah pintu masuk ke dusun Wekas. Di sepanjang jalan sudah jelas petunjuk jalan untuk menuju ke tiap jalur pendakian yang melewati Ketep Pass, termasuk untuk menuju Dusun Suwanting.

  • Transportasi Umum

Transportasi umum yang bisa dipilih ada kereta atau bus. Jika naik kereta, rute yang bisa dipilih adalah menuju Stasiun Semarang Poncol. Setelah dari sana, perjalanan harus dilanjutkan dengan menyambung angkot menuju terminal Terboyo, barulah naik bus menuju Salatiga dan turun di perempatan Pasar Sapi.

Dari Pasar Sapi, perjalanan harus dilanjutkan dengan menyambung bus kecil yang melintas di Ketep Pass dan turun di pertigaan menuju Dusun Suwanting (letaknya sekitar 300 meter setelah gerbang menuju Dusun Wekas yang juga merupakan jalur pendakian menuju Merbabu). Dari pertigaan ini perjalanan harus disambung dengan ojek hingga basecamp.

Sedangkan untuk bus, kota pilihan yang dapat dijadikan tujuan adalah Magelang atau Salatiga. Setelah tiba di kota tersebut, perjalanan harus dilanjutkan dengan menumpang bus kecil yang melewati Ketep Pass, baru setelah tiba di pertigaan Suwanting menumpang ojek hingga basecamp.

menuju gunung gede via gunung putri PENGINAPAN

Tersedia rumah warga yang dijadikan penginapan dengan membayar secara sukarela. Tidak hanya satu rumah, ada beberapa rumah warga yang dijadikan tempat bagi pendaki untuk istirahat dan melakukan persiapan lainnya. Seperti umumnya rumah, di sana juga tersedia toilet dan fasilitas lain.

 


menuju gunung gede via gunung putri
PERIZINAN

Biaya SIMAKSI Rp32.500,-.

 

menuju gunung gede via gunung putri MAKANAN

Rumah-rumah warga yang dijadikan tempat penginapan juga menyediakan makanan bagi pendaki. Biasanya di rumah tersebut juga dilengkapi dengan warung yang menjual berbagai kebutuhan makanan atau cemilan. Adapun menu yang disediakan antara lain nasi goreng dan mie rebus yang banyak dipesan pendaki.

Jika ingin makanan yang lebih beragam, anda bisa berhenti di peetigaan Suwanting sebelum melanjutkan perjalanan. Di sana banyak terdapat rumah makan yang dapat dijadikan pilihan.

 

menuju gunung gede via gunung putri

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN

  • Ransel dengan penyangga punggung
  • Pakaian dry-fit dan ganti
  • Kantong tidur atau Sleeping Bag
  • Makanan dan snack
  • Perlengkapan memasak
  • Tenda, flyshheet, alat pendukung pembuat shelter
  • Senter atau headlamp
  • Sepatu
  • Jas hujan
  • Payung

Serta alat lain sesuai standar kegiatan alam bebas utamanya untuk naik gunung. Gunung Merbabu khususnya jalur Suwanting nanti akan melewati padang sabana. Perlengkapan seperti payung, topi, atau alat pelindung lain dari matahari akan sangat membantu perjalanan. (fir)

Foto utama: Pemandangan sepanjang pendakian Merbabu via Dusun Suwanting. (Dokumentasi Nasya Matram)

Similar Posts