Di alam tenda menjadi tempat tinggal. Tidak salah jika tenda mu harus senyaman kamar mu. Ada lima pilihan utama dan beberapa tambahan agar “my tent, my room

  1. Pilih tenda dengan pintu yang cukup lebar agar memudahkan keluar masuk. Jika memiliki pintu tambahan lebih baik lagi untuk tenda dengan isi lebih dari dua.
  2. Pilih tenda dengan ventilasi. Bisa memilih bahan campuran jaring pada dinding atau bagian atapnya. Paling utama adalah memiliki karet pengikat untuk membuat tenda terbuka agar sirkulasi udara ada.
  3. Pastikan ada tali pengikat yang disebut guyline. Tali ini berfungsi untuk menyeimbangkan bentuk tenda agar tahan terhadap tiupan angin kencang.
  4. Kain bagian dasar harus berlebih hingga ke bibir atas dinding. Ini berfungsi ketika hujan dan becek di mana air mudah menciprat bagian tenda. Kamar masih tetap aman karena cipratan tertahan .
  5. Tenda yang baik terdiri dari dua bagian, tenda bagian dalam, dan lembar luar penahan angin hujan yang disebut flysheet. Bagian ini bisa kamu pisahkan bersama tiang penyangga untuk digunakan sebagai bivak ringan dengan alas tidur. Atau sebagai tenda cadangan untuk barang barang mu ketika kamu di tenda utama mu yang senyaman kamar.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih tenda adalah:

  • Bentuk yang geometris lebih tahan terhadap badai.
  • Tiang tambahan di bagian yang melebar flysheet akan mengurangi dampak hujan angin yang sering membuat flysheet menempel pada tenda dalam hingga air merembes masuk.
  • Pasang pasak tenda dengan posisi miring menjauh dari dinding tenda.Ini agar tali pengikat terentang kencang dan tertahan kuat tidak mencabut pasak kala angin searah.
  • Kanopi kecil tambahan di flysheet bagian atas untuk membantu sirkulasi udara di atas.
  • Flysheet yang lebih lebar dari tenda dalam untuk menempatkan barang basah seperti ransel di luar tapi masih terlindung dari hujan.
  • Tiang penyangga dari aluminium lebih kuat dari fiber.

Pilih tenda mu seperti kamu pilih kamar mu (ads/Outside Magazine)

Para pemandu Gunung Merapi Merbabu  berlatih mendirikan tenda (adiseno)

Similar Posts