Kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan ekstrim yang mengeluarkan banyak tenaga dan kerja otot yang lebih. Diperlukan asupan gizi seimbang agar kondisi tubuh dalam performa yang baik. Berikut adalah komponen makanan yang perlu ada dalam list menu makan mu:

  1. Nasi

Makanan pokok di Indonesia ini umum dalam pendakian. Karbohidrat yang terkandung menjadi sumber tenaga utama yang cepat diserap tubuh. Kalau bosan, kamu bisa menggantinya dengan bihun, kentang goreng, pasta, oatmeal, atau sereal.

  1. Daging

Daging olahan seperti sosis banyak dipilih untuk menu pendakian. [adiseno]
Daging memiliki kandungan protein tinggi untuk membentuk jaringan otot baru. Zat besi yang terkandung dapat mengurangi resiko anemia yang menyebabkan tubuh lesu. Daging seperti rendang, dendeng, ataupun ayam goreng dapat dibawa dalam keadaan kering. Daging olahan seperti nugget, sarden, sosis, ataupun kornet juga dapat menjadi pilihan.

  1. Sayur

Siapa bilang memasak sayuran di gunung ribet. Kamu tetap bisa menikmati makanan kaya akan serat dan mineral ini. Sayuran umbi atau yang memiliki kulit tebal seperti kentang, labu, wortel, ataupun timun dapat diolah menjadi menu yang variatif. Pastikan sayur tersebut ter-packing dengan benar.

  1. Buah

Vitamin dan mineral yang terkandung berperan menjaga tubuh fit. Kamu bisa membawa apel, kurma, jeruk, mangga, ataupun pisang. Buah yang mengandung kadar air tinggi seperti semangka dan pir cocok untuk dijadikan pilihan.

  1. Snack

Saat istirahat, tidak perlu repot mengeluarkan kompor. Biskuit, energy bar,  coklat, ataupun madu dapat dipilih saat lapar. Tidak hanya menunda lapar, kandungan gizinya dapat jadi dopping energy kapan pun kamu mau.

Mendaki gunung membutuhkan tenaga ekstra, effort-mu patut dibayar dengan sajian makanan yang tidak hanya kenyang, tapi juga sehat dan enak. Masa sudah lelah mendaki, makannya mie lagi mie lagi.

FOTO UTAMA : Rutinitas memasak oleh peserta Perjalanan Panjang BKP16 [Badan Khusus Pelantikan] Mapala UI. [dok. Kukuh Satrio]

 

 

Similar Posts