Kegiatan mendaki gunung tidak hanya membutuhkan fisik yang kuat. Kecerdasan dalam bertindak dan perencanaan yang baik akan membuat perjalanan lebih aman dan nyaman. Berikut adalah kesalahan berakibat fatal yang biasa dilakukan :

  1. Kurangnya persiapan fisik

Persiapan fiisk yang sesuai akan membuat perjalanan terasa lebih mudah. Otot yang terlatih akan mencegah kecelakaan-kecelakaan yang dapat berakibat fatal seperti keseleo, kram, dan kaku otot. Pastikan kamu sudah melakukan olahraga ringan sebelum melakukan pendakian.

  1. Kurang minum saat trekking

Saat melakukan aktivitas fisik yang berat, tubuh mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu dalam tubuh tetap normal. Jika tidak diimbangi dengan asupan air akan menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Biasakan untuk tetap mengkonsumsi air meski tidak merasa haus agar kondisi tubuh tetap baik

  1. Melakukan pemanasan sebelum mendaki gunung (dok. nisya)

    Tidur dengan baju basah

Biasanya pendaki enggan mengganti pakaian dengan alasan menghemat barang bawaan dan lebih memilih mengganti pakaian keesokan harinya. Padahal, pakaian yang digunakaan saat trekking basah oleh keringat dan menyimpan banyak kuman. Tidur menggunakan baju basah akan membuat suhu terasa lebih dingin dan lembab sehingga memperbesar resiko terkena hypothermia.

  1. Membiarkan sleeping bag basah

Sleeping bag adalah barang krusial. Sleeping bag yang basah tidak akan berguna dan dapat dipastikan kamu akan kedinginan menghadapi suhu udara di gunung. Pastikan sleeping bag terbungkus plastik yang kedap air agar tidak basah meski terkena hujan

  1. Mendirikan  shelter di tempat yang salah

Dalam keadaan terdesak, ditambah hari mulai gelap, biasanya pendaki memilih ranah untuk mendirikan kemah apa adanya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun shelter. Perhatikan arah angin, kemiringan tanah, serta hindari jalur air agar tidur lebih nyaman dan berkualitas. Jika membuka dibawah rimbunan pohon pastikan tidak ada batang dan dahan lapuk di atas.

  1. Menunda jadwal makan

Saat berada di gunung, biasanya nafsu makan menurun. Padahal tubuh perlu asupan energi yang lebih besar daripada kegiatan sehari-hari. Pastikan untuk tetap memberikan asupan makanan yang cukup untuk tubuhmu agar aktivitas tidak terganggu.  (sho)

foto utama : Kegiatan pendakian gunung Gede (dok. Mapala UI)

Similar Posts