wisata karanganyar

SOLO – Kabupaten Karanganyar yang terletak lebih kurang 20kilometer dari Kota Solo, Jawa Tengah, memang lebih dikenal dengan wisata-wisata berbau sejarah. Ada beberapa situs candi, juga terdapat makam Presiden Soeharto di wilayah ini. Tawangmangu mungkin lokasi yang paling dikenal dari daerah ini. Namun jangan salah, Karanganyar menyimpan potensi wisata yang juga bisa dinikmati para penyuka kegiatan outdoor.

wisata karanganyar
Di dalam Candi Cetho terdapat jalur pendakian Gunung Lawu.

Jika berminat mendaki gunung, pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho atau Candi Sukuh bisa jadi pilihan. Jalur pendakian ini lebih sedikit peminat karena pendaki biasanya memilih jalur Cemoro Kandang ataupun Cemoro Sewu. Mendaki Lawu via Candi Cetho kira-kira menghabiskan waktu lima sampai enam jam. Sedangkan via Candi Sukuh atau tepatnya via Tahura K.G.P.A.A. Mangkunegoro 1 butuh waktu enam sampai delapan jam. Jalur pendakian via Tahura juga lebih licin dan terjal dibanding jalur lainnya.

Tahura K.G.P.A.A. Mangkunegoro 1 juga bisa jadi alternatif lokasi berkemah jika yang dicari hanya suasana dinginnya hutan. Karena Tahura ini terletak di ketinggian 1.200meter. Selama di Tahura bisa menghabiskaan waktu bersepeda keliling Tahura, dengan menyewa sepeda dari warga setempat. Atau trekking hingga Air Terjun Parang Ijo.

Kegiatan outdoor lainnya ada river tubing. River tubing atau yang disebut arung jeram mini oleh operator setempat memanfaatkan ban dalam sebagai kendaraan berseluncur. Kegiatan ini bisa dilakukan di Sungai Senatah. Operator yang mengelola wisata ini menawarkan empat level river tubing, mulai yang berjarak 800meter sampai 13kilometer. Selain river tubing, di tempat yang sama bisa melakukan river climbing, flying fox, dan beragam kegiatan outbond lain.

Di jalan menuju lokasi-lokasi yang disebutkan di atas, bisa menikmati lanskap kebun teh Kemuning. Pencinta fotografi atau wisatawan yang sekedar ingin swafoto tidak ada salahnya berhenti sejenak di tempat ini. Tidak jauh dari kebun teh, ada Bukit Segoro Gunung yang mulai dikembangkan jadi lokasi paralayang. Terbang tandem di Segoro Gunung selama 10-20menit dibanderol harga mulai dari Rp300ribu rupiah. (uli)

Foto utama: Pemandangan Karanganyar dari Kebun Teh Kemuning.

Similar Posts