Rombongan 23 mobil rumah menempuh Eropa ke Australia sejak Agustus 2017. Rumah mobil ini melalui Sumatera ke Jawa di Semarang, Prambanan dan lima hari lalu di Bromo, berlanjut ke Bali dan terus ke Timor Leste untuk kemudian menyeberang ke Darwin Australia.

Mendaki Bromo untuk melihat matahari terbit dilakukan dari dekat parkir mobil rumah. Ini bisa dilihat sebagai mendekatkan rumah dengan daerah petualangan mereka. Rumah mobil belum lazim di Indonesia. Berikut ini jenis rumah mobil.

Caravan

Ada tiga jenis rumah mobil jika dilihat dari kelaziman di Eropa. Motorhome atau Recreational Vehicle, Caravan dan Camper Van. Masing masing jenis memiliki tipe sederhana hingga mewah. Motorhome yang diistilahkan menjadi mobil rumah, adalah kendaraan bermotor dengan rangka truk, minibus, yang dilengkapi ruang tidur, tempat masak, peturasan. Caravan adalah rumah dilengkapi roda hingga bisa disematkan ke mobil. Sedangkan Camper Van adalah minibus yang dilengkapi ruang serbaguna  termasuk tidur.

Ambil contoh Camper Van: Marco Polo dari produsen mobil Jerman, Mercedes Benz. Dibangun untuk kegiatan wisata berkemah. Dibangun ringkas dan nyaman dan melayani berbagai kebutuhan perjalanan.Memiliki bangku kemudi, penumpang dan dua penumpang lagi di belakang. Ruang tidur juga bisa untuk empat orang. Dua di tempat tidur besar dan dua di bagian atas. Memiliki ruang cengkerama dengan dapur dan tempat cuci dan sumber listrik didekatnya.  Meja ukuran sedang dapat dilipat dan dilengkapi laci-laci untuk menyimpan berbagai perlengkapan.

Camper Van

Marco Polo dibangun dari jenis V Class dengan empat silinder mesin disel. Ukuran kendaraan setinggi dua meter ini memungkinan masuk ke lantai kolong ruang parkir.

Dalam menentukan pilihan mobil rumah, caravan atau camper van, faktor ukuran dan berat menjadi pertimbangan. Selain itu jumlah penumpang , sistem integrated atau semi integrated , rangka dan kelas. Ukuran dan berat penting saat mengemudi dan juga mengangkut kendaraan menyeberang laut. Jumlah penumpang bisa dua hingga enam atau lebih. Sistem integrated seperti Marco Polo, sedang semi integrated seperti Caravan, di mana rumah terpisah dengan sistem mengemudi.  Rangka menentukan untuk ukuran jika memiliki banyak fitur dengan ruang ukuran luas akan membutuhkan jenis rangka yang lebih besar. Kelas tentu saja mengacu pada tingkat kemewahan. Marco Polo masuk dalam kelas mewah karena interiornya meniru kemewahan kapal pesiar.

Interior camper van

Apapun pilihannya, pada akhirnya rumah mobil adalah sarana kendaraan untuk mendekatkan kita pada ruang petualangan. (ads/berbagai sumber)

Foto Utama:

Berbagai rumah mobil yang tergabung dalam Abenteuer Osten saat berada di Rajasthan, India. (dok. Abenteuer Osten)

Similar Posts