puncak tertinggi sulawesi

JAKARTA – Pulau Sulawesi adalah salah satu pulau besar di Indonesia. Membentang di antara Kalimantan dan Maluku. Berbentuk mirip huruf K, dari Manado di bagian kepala hingga Bulukumba di ujung kaki huruf, serta menjulur ke tenggara hingga Kendari. Jika dibentangkan lurus tanpa berbelok, panjang Sulawesi akan melebihi panjang dua kali Pulau Jawa (lebih kurang 2.200 kilometer).

Saat ini Sulawesi terbagi ke dalam enam wilayah administrasi provinsi. Yang termuda adalah Sulawesi Barat. Hal menarik dari pulau ini adalah jalur utamanya yang melewati pesisir. Jalur di tengah pulau hanya untuk melintas ke pesisir yang lain, atau menuju daerah yang memang berada di tengah pulau. Artinya, tak banyak pusat peradaban di tengah pulau. Pusat keramaian justru berada di pesisir. Keberadaan tempat tinggi seperti gunung dan jajaran pegunungan adalah penyebab hal-hal itu.

Ada sepuluh pegunungan yang memaku Pulau Sulawesi, juga gunung-gunung dan tempat tinggi. Mulai dari Lompobattang, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Selatan hingga Pegunungan Bone dan Gunung Klabat di Utara. Dari pegunungan dan sejumlah gunung itu, berikut daftar gunung tertinggi di masing-masing provinsi di Sulawesi beserta tantangannya:

puncak tertinggi sulawesi
Puncak Gunung Rantemario. (sumber: indonesiakaya.com)

1. Gunung Rantemario, Enrekang, Sulawesi Selatan, 3.478mdpl

2. Gunung Sojol, Donggala, Sulawesi Tengah, 3.226mdpl

3. Gunung Gandangdewata, Mamassa, Sulawesi Barat, 3.037mdpl

4. Gunung Mekongga, Kolaka, Sulawesi Tenggara, 2.620mdpl

5. Gunung Klabat, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, 2.100mdpl

6. Gunung Tabongo, Boalemo, Gorontalo, 2.100mdpl

Mendaki gunung-gunung tertinggi di setiap provinsi di Sulawesi dapat menjadi pilihan petualangan yang menarik. Tak ada yang dapat menyamai keragaman dan tantangan yang ditawarkan di seluruh provinsi di Sulawesi. Gunung yang hanya didaki 2-3 hari dapat ditemukan pada Gunung Klabat. Gunung yang waktu mendakinya berkisar 4-5 hari diwakili oleh Rantemario. Sedang empat gunung lainnya waktu tempuhnya lebih dari seminggu. Waktu pendakian yang panjang karena gunung tersebut merupakan puncak dari jajaran pegunungan. Tidak ada jalan keluar kecuali menyelesaikan perjalanan, berjalan seharian tidak akan bertemu dengan kampung. Jika ingin merasakan mendaki dari pantai hingga kembali ke pantai, Gunung Sojol adalah pilihannya.

Keberadaan Sulawesi di tengah kepulauan nusantara juga membuat keunikannya sendiri. Ketika menjelajah Sulawesi, bukan tak mungkin berkesempatan menemukan buah kalpataru yang legendaris bagi istilah lingkungan, jejak-jejak Anoa, burung Maleo, atau Tarsius. Bahkan  budaya masyarakat seperti Ma’nene pun tidak ada duanya di dunia. Pada akhirnya, tak ada alasan untuk tak menjelajah Sulawesi. Selamat menjelajah. (firman arif)

foto utama: Gunung Klabat (sumber: epictio.com)

Similar Posts