pendakian semeru dibuka

JAKARTA – Dunia mengekor jejak Richard Bass dan Patrick Morrow dalam soal mendaki gunung dengan keterarahan. Maksudnya, mereka berdua memulai misi untuk mendaki puncak gunung-gunung dalam satu paket lengkap dengan misi, yang lain mengikuti. Kita mengenalnya sebagai The Seven Summits. Memang sebelumnya sudah dimulai diskursus mengenai keterarahan dalam mendaki puncak, biasanya yang “tertinggi” dan “pertama” menjadi incaran. Namun, baru Bass dan Morrow yang memaketkannya. Kemudian jadi ajian yang penuh modifikasi.

puncak 3000meter di Jawa
Carstensz Pyramid, Papua.

Angka 7 menjadi keramat. Di Indonesia, The Seven Summits dilokalkan dengan misi mendaki tujuh puncak tertinggi di masing-masing pulau besar atau wilayah. Hal yang sangat kentara lantaran angka ‘7’ yang sangat melekat. Diskursus yang lain kurang populer. Pengetahuan umum tidak jauh-jauh dari Carstensz Pyramid, Kerinci, Rinjani, Semeru, Rantemario, Binaya, dan Bukit Raya.

Tak ada yang salah memang, tetapi seharusnya diskursus harus berkembang karena banyak alasan. Setidaknya ada 127 gunung berapi yang tak kalah menantang di Indonesia. Lebih dari itu, ada banyak keterarahan yang dapat diangkat. Salah satu yang paling mudah adalah mendaki puncak-puncak berketinggian lebih dari 3000meter di Pulau Jawa. Total ada empat belas gunung yang memiliki kriteria tersebut. Berikut daftar 14 gunung berketinggian di atas 3000 meter di Pulau Jawa.

1. Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, 3.676 mdpl

2. Gunung Slamet, Purbalingga, Jawa Tengah, 3.428 mdpl

3. Gunung Sumbing, Wonosobo, Jawa Tengah, 3.371 mdpl

4. Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur, 3.344 mdpl

5. Gunung Arjuno, Malang, Jawa Timur, 3339 mdpl

6. Gunung Lawu, Ngawi, Jawa Timur, 3265 mdpl

7. Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur, 3156 mdpl

8. Gunung Merbabu, Boyolali, Jawa Timur, 3145 mdpl

9. Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah, 3136 mdpl

10. Gunung Kembar II, Batu, Jawa Timur, 3113 mdpl

11. Gunung Argopuro, Jember, Jawa Timur, 3088 mdpl

12. Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, 3078 mdpl

13. Gunung Kembar I, Batu, Jawa Timur, 3037 mdpl

14. Gunung Pangrango, Cianjur, Jawa Barat, 3019 mdpl

Empat belas gunung berketinggian 3000meter di Pulau Jawa hanya salah satu contoh untuk menghidupkan diskursus petualangan baru yang akan semakin memperkaya daftar petualangan yang dapat dipilih. Selain contoh ini, ada banyak hal yang dapat diambil. Sudah selayaknya diskursus baru dihidupkan. Tak melulu soal gunung, bahkan sungai, goa, tebing, pantai, dan laut pun masih dapat dicari keunikannya. (fir)

Similar Posts