jalur baru pendakian kerinci

JAKARTA – Jalur pendakian baru menuju Gunung Kerinci segera diusulkan. Hal ini menyusul finalisasi yang selesai dilakukan pada Minggu (22/1). Jalur baru tersebut berada di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Selama ini, jalur pendakian menuju Gunung Kerinci hanya ada satu, yakni melalui Kerisik Tuo, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Jalur baru yang berada di Solok Selatan ini memiliki panjang jalur sepanjang 14 km, atau 2 kali lebih panjang dari jalur lama dari Kerisik Tuo. Sementara waktu tempuhnya mencapai 4 hari 3 malam, atau duakali lebih lama dari jalur lama. Namun, jalur baru ini menawarkan sesuatu yang lain yakni rimba Sumatera yang masih relatif terjaga keasriannya. Selain itu, jalur pun lebih landau dibanding jalur lama. Keunikan lainnya adalah masih dapat ditemuinya bunga Raflesia Arnoldi.

 

jalur baru pendakian kerinci
(dokumentasi Ade Wahyudi)

Sementara satu hal yang masih mengganjal adalah jalur ini melewati zona inti dari taman nasional. Hal itu berarti perlu ada regulasi untuk re-zonasi taman nasional jika ingin aspek legalnya terpenuhi. Sementara satu hal lainnya adalah tentu persetujuan dari pihak Taman Nasional Kerinci Seblat untuk meresmikan jalur Solok Selatan sebagai salah satu jalur resmi.

“Jalur sudah kami cek, semua aspek kami pastikan. Pos, tempat kemah, dan sumber air juga sudah kami plotting,” ujar Ade Wahyudi, anggota Mapala Universitas Indonesia yang ikut dalam rombongan tim finalisasi jalur.

Sebelumnya Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Selatan mengundang sejumlah elemen mulai dari Wanadri, Aranyacala Trisakti, Mapala UI, dan Sekretariat Bersama PA Solok Selatan untuk melakukan finalisasi jalur pendakian dari Solok Selatan. Nantinya, hasil finalisasi akan diserahkan kepada taman nasional sebagai rekomendasi. Dengan begitu, pembukaan jalur tinggal menunggu persetujuan dari pihak Taman Nasional Kerinci Seblat. (fir)

Foto utama: (dokumentasi Ade Wahyudi)

Similar Posts