sejarah marathon

JAKARTA – Kata marathon sangat dekat relasinya dengan sebuah perlombaan lari jarak jauh. Saat mendengar kata marathon, presepsi kita yang hidup di abad 21 adalah sebuah perlombaan lari. Tapi siapa sangka ternyata marathon memiliki awal mula yang jauh dari presepsi kita sekarang. Adapun Marathon “lain” yang sebenarnya ada lebih dulu adalah nama untuk sebuah kota di Yunani. Marathon yang kita kenal sekarang, memang tak lepas dari kota ini.

Legenda Tak Akurat

Pada 490 sebelum masehi, Persia menginvasi Yunani untuk pertama kalinya. Aksi ini merupakan puncak dari kekesalan Persia atas keterlibatan Yunani dalam Pertempuran Ionia. Peperangan pun tak terhindarkan antara Pasukan Yunani dan Pasukan Persia. Saat itu, pasukan Persia datang ke Yunani dengan cara berlayar dan berlabuh di teluk dekat kota Marathon. Pasukan Yunani yang mengetahui rencana ini berjalan menuju Marathon dan menghadang Pasukan Persia di sana. Pertempuran yang terjadi akhirnya dimenangkan oleh Yunani, sedangkan Persia terpaksa kembali ke Asia. Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Pertempuran Marathon.

Selain pertempuran itu sendiri, ada satu sisi lain yang dikenal di sekitar peristiwa tersebut. Kisah itu tak lain adalah cerita tentang seseorang bernama Phillippides yang berlari sejauh 225 km dari Athena menuju Sparta untuk mengabarkan peperangan dan meminta bantuan. Setelah pertempuran selesai, Pasukan Yunani kemudian berjalan dengan kecepatan tinggi dari Marathon menuju Athena sejauh 40 km untuk menghalau Pasukan Persia yang berlayar pulang melewati Tanjung Sounion. Cerita ini dikisahkan oleh Herodotus, seorang Sejarawan Yunani yang kemudian menjadi legenda yang mengiringi peristiwa Pertempuran Marathon.

Namun, di kemudian hari kisah ini menjadi campur aduk. Satu kisah lain yang menjadi simpang siur adalah mengenai Phillippides yang diceritakan berlari tanpa henti dari Marathon menuju Athena untuk mengabarkan kemenangan Yunani dalam pertempuran. Kematian Phillippides setelah mengabarkan berita tersebut menambah kegetiran cerita tentangnya. Cerita ini kemudian menjadi lebih dikenal sebagai legenda yang dikisahkan oleh Herodotus. Tapi, pada kenyataannya, cerita ini pertama kali dikisahkan oleh Plutarkhos pada tahun 1 SM dalam bukunya yang mengutip naskah yang hilang dari Herakleides.

sejarah marathon
Olimpiade marathon pertama di London yang menandai perubahan jarak lari marathon menjadi 42, 195kilometer.

Melekat Menjadi Perlombaan

Akhir abad ke-19 dihiasi dengan ide untuk menyelenggarakan lomba olahraga multi-event. Yunani dipilih sebagai tuan rumah untuk mengingat inspirasi datangnya perlombaan ini, yaitu perlombaan zaman dulu di Olimpia. Saat merancang acara, para pemrakarsa mencari satu persitiwa besar di masa lalu sebagai inspirasi, khususnya di Yunani. Ide itu akhirnya muncul, sebuah lomba lari jarak jauh yang terinspirasi dari peristiwa Pertempuran Marathon. Ide itu dikemukakan oleh Michael Breal dan didukung oleh Pierre de Coubertin sebagai penggagas Olimpiade modern. Lomba lari jarak jauh ini akhirnya benar-benar menjadi salah satu mata lomba dalam Olimpiade modern pertama pada 1896 di Yunani. Rute yang dipilih adalah rute tradisional Marathon-Athena sebagai tempat terjadinya peristiwa tersebut.

Akhirnya, lomba lari ini terus disertakan dalam Olimpiade pada penyelenggaraan-penyelenggaraan selanjutnya. Jarak yang disepakati awalnya sejauh 40km yang ditoleransi karena keragaman tempat penyelenggaraan. Namun, jarak itu berubah karena keragaman tempat penyelenggaraan. Pada pelaksanaan di Inggris pada 1908, jaraknya menjadi 42,195km menyesuaikan dengan jarak dari Kastil Windsor menuju Stadion White City. Jarak ini didapat karena saat pelari masuk stadion masih haeus ditambah satu putaran dan menyelesaikan lomba tepat di depan Raja. Jarak ini kemudian dikutip oleh International Amateur Athletic Federation pada 1921 dan menjadi jarak standar bagi penyelenggaraan marathon hingga saat ini.

Kepopuleran Marathon sebagai salah satu olahraga tak lepas dari penyelenggaraan di setiap Olimpiade. Terutama saat Johnny Hayes asal Amerika memenangi lomba Marathon pada tahun 1908. Setelah itu, saat kembali ke Amerika, lomba marathon juga dilaksanakan di sana. Tak jauh beda saat Frank Shorter memenangi lomba pada 1972 dan menimbulkan antusiasme nasional akan lari marathon. Semakin hari, lomba marathon akhirnya banyak diselenggarakan di banyak kota di dunia dan menjadi sala satu lomba yang digemari. (fir/ berbagai sumber)

Foto utama: Tiga pelari di marathon pertama dalam ajang Olimpiade di Yunani, 10 April 1896 (sumber: twentytwowords.com)

Similar Posts