Barkley Marathon

JAKARTA – Di masa ultra marathon, sulit untuk menentukan mana yang paling tangguh. Barkley Marathon di Amerika Serikat boleh masuk pertimbangan. Dari 40 peserta pada tahun ini hanya satu yang resminya masuk finish.

Barkley Marathon diselenggarakan di negara bagian Tennessee dalam Frozen Head State Park. Marathon yang berupa ultra trail run dilakukan dalam jalur ikal (loop) dengan satu ikal sepanjang 32,2km atau 20mil. Peserta harus menjalankan lima putaran atau sekitar 150km.

Cutoff Barkley Marathon adalah 60jam. Tahun ini John Kelly dari Washington DC berhasil menyelesaikan kelima putaran dalam waktu 59jam 30menit. Saingannya pada putaran terakhir hanya satu orang, Gary Robbins, asal North Vancouver Kanada, seorang pelari ultra trail. Gary gagal menghindar cutoff,  sejak Sabtu pagi, pada Senin (3/4) pagi 1:42. Gary lewat finish  hanya enam detik lewat cut-off time.

Kedua pelari ini saling bersaing selama empat putaran. Gary berlari pada putaran terakhir arah berlawanan dengan  John Kelly. Lima putaran penuh dengan tanjakan semuanya sekitar  18.288meter dan turunan yang memaksa pelari membuka jalur baru. Setiap putaran harus selesai dalam 12jam. Tidak ada stasiun bantuan, tidak ada tanda. Hanya tersedia peta untuk menemukan titik pencatatan yang mengharuskan pelari merobek lembar nomor yang sama dengan nomor peserta. Arah putaran diubah terserah Race Director.

Terlambat enam detik seperti Gary Robbins di Barkley Marathon bukan perkara besar.

Barkley Marathon
Gary Cantrell menyalakan rokok untuk menandakan start Barkley Marathon. Tahun ini start ditandai dengan peniupan kerang. (wikipedia)

Mendaftar saja sulit karena calon pelari harus bisa menemukan Gary Cantrell, Race Director. Tidak ada website dan tidak ada informasi Barkley Marathon. Jika ketemu, baru menyerahkan permohonan peserta. Setelahnya Cantrell hanya akan memilih 40 pelari. Marathon ini diinformasikan dari mulut ke mulut, dan jadi dikenal karena dokumenter yang tayang 2016 lalu, The Race That Eats Its Young – Lari yang Memangsa Pemula.

Tidak banyak orang terseleksi ini yang berhasil. Sejak dimulai tahun 1986 baru 15 orang yang berhasil finis. Pada 2015 tidak ada yang finis. Tahun ini, 25 yang bisa lanjut ke putaran kedua. Kemudian tujuh yang melanjutkan ke putaran tiga. Tinggal John Kelly dan Gary Robbins yang bisa terus ke putaran empat dan satu yang finis putaran lima.

Barkley Marathon seperti memiliki kelemahan. Cantrell menyediakan Fun Run. Ini hanya tiga putaran dengan batasan 13jam 20menit. Total semua 40jam lari. Tahun ini hanya empat orang yang finish Fun Run. Begitulah marathon paling tangguh karya Gary Cantrell. (ads/ berbagai sumber)

Trailer Barkley Marathon

Foto utama: Barkley Marathon lari trail paling tangguh karena seperti mencari harta karun, tidak ada setapak dan tanda (dailydsport) 

Similar Posts