city marathon di Indonesia

JAKARTA – Kini berlari di city marathon menjadi hal yang prestise. Seperti namanya, City Marathon biasanya menggunakan nama kota maupun nama ikon dari lokasi penyelenggaraan acara. Rute larinya pun dibuat mengelilingi kota. Tidak jarang, city marathon juga jadi ajang promosi pariwisata kota yang bersangkutan.

Di Indonesia, sudah banyak daerah yang dijadikan lokasi city marathon. Bahkan lomba lari dengan jarak tempuh 42kilometer ini mulai dicanangkan sebagai agenda tahunan. Sejenak kesampingkan Bali Marathon dan Jakarta Marathon yang sudah lebih dulu punya nama dan jadi favorit para pegiat lari. Lima event lari tahun lalu ini juga layak diperhitungkan sebagai city marathon favorit selanjutnya.

1. Toraja Marathon

Pada penyelenggaraan perdananya di Agustus 2016, Toraja Marathon diikuti 750 peserta dan 30 atlet dari tujuh negara. Tahun lalu, jalur larinya kombinasi dari road dan semi trail melewati desa-desa dan pemakaman kuno di Tana Toraja. Meski baru diadakan satu kali, event yang bertujuan mempromosikan pariwisata Toraja ini cukup mendapat ulasan yang positif. Terutama dalam hal pemilihan rute lari. Pada 2017, Toraja Marathon akan diadakan kembali pada 29 Juli.

city marathon di Indonesia
Medali finisher Lombok marathon 2016 (sumber: Instagram Lombok Marathon)

2. Lombok Marathon

Event perdana ini juga mendapat ulasan positif dari para pesertanya. Mulai dari pengambilan racepack, hingga ke jalur lari yang nyaman dengan pemandangan tidak monoton. Lombok Marathon membuka kategori Ekiden untuk marathonnya. Ekiden adalah kategori estafet dimana peserta mendaftar sebagai tim yang terdiri dari empat orang.

Selain kategori, salah satu yang jadi perhatian dari lomba lari ini adalah desain medali finisher yang unik. Perpaduan antara tenun NTB sebagai tali medali dan duo medal. Rencananya Lombok Marathon akan kembali dilaksanakan pada 3 Desember 2017.

3. Barelang Marathon

Nama salah satu jembatan di Batam ini juga menjadi nama lomba balap sepeda internasional, Tour de Barelang. Event ini digadang-gadang akan menjadi salah satu sport tourism yang mengundang wisatawan mancanegara (wisman). Untuk jalur larinya sendiri, beberapa pelari beranggapan jalurnya cukup menantang.

4. Samosir Lake Toba Ultra Marathon

Tahun lalu jadi tahun kedua penyelenggaraan lomba ini. Salah satu yang jadi poin plus event ini adalah perpaduan keindahan lokasi dan budaya yang berhasil dihadirkan pihak penyelenggara. Karena selain dimanjakan dengan pemandangan Danau Toba dan beragam lokasi wisata di sepanjang jalur lari, peserta juga disuguhi tarian tor-tor dan tabuhan gondang di setiap water station.

Event ini membuka empat kategori. Namun, karena bertajuk ultra marathon, event lari ini menjadikan 50kilometer sebagai jarak lari terjauhnya dan tidak membuka kategori 42K alias full marathon.

5. Bromo Marathon

Meski sudah dilaksanakan untuk yang kesekian kalinya, Bromo Marathon tidak pernah sepi peminat. Lanskap Gunung Bromo yang termasuk ke dalam kawasan Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang tentunya jadi daya tarik dari event ini. Jalur larinya membentang meliputi beberapa desa-desa sekitar Bromo hingga lembah berketinggian 1.900 hingga 2.400mdpl. (uli/ berbagai sumber)

Foto utama: Suasana start Jakarta Marathon 2015 (thejakartamarathon.com)

Similar Posts