Jakarta – Batu Lawang sesuai namanya mirip pintu. Bentuk yang khas menjadikan kawasan  ini objek wisata di Cirebon, Jawa Barat. Disatu sisi terdapat Tebing Cupang, yang merupakan kawasan panjat tebing. Tebing Cupang sudah dikenal komunitas panjat tebing di Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

Panjat tebing bagian dari wisata petualangan yang sedang dikembangkan. Tebing panjat tebing yang sudah dikenal Citatah di Bandung, Siung dekat Jogyakarta, Harau di Sumatera Barat. Bukit Lawang dapat menjadi pengembangan baru wisata panjat tebing. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DKI dan Jawa Barat merancang Jambore Panjat Tebing mendatang di Bukit Lawang untuk memperkenalkan objek wisata ini.

Tebing Cupang di Bukit Lawang memiliki ketinggian 23 sampai 30meter, demikian dilaporkan dalam situs internet Disbudpar Cirebon. Terdapat empat jalur panjat yang dibuat oleh anggota Federasi Panjat Tebing Indonesia Jawa Barat dan anggota cabangnya di Kabupaten Cirebon. Pembuatan dilakukan pada 1993. 

Sedangkan Tebing Lawang memiliki ketinggian hingga 100meter. Lebar tebing Lawang mencapai 200meter. Disini pun jalur panjat sudah dibuat. Dilakukan oleh Tim Merah Putih yang dirintis Tedi Ixdiana dan komunitas panjat tebing Cirebon. Sebanyak empat jalur juga dibuat.

Lokasi Bukit Lawang hanya satu kilometer dari Balai Desa Cupang, Gempol, Cirebon

Bukit Lawang dapat dicapai menuju Balai Desa Cupang. Hanya berjarak satu kilometer dari balai desa. Desa Cupang dapat dicapai dengan mengikut jalan desa Cupang yang dicapai dari Jalan Raya no 5 Palimanan Gempol. Pertigaan pertama dari fly over Jalan Tol Cipali pada jalan Cirebon Bandung yang menuju selatan.

Kawasan ini sudah dibangun untuk kunjungan wisata. Toilet umu tersedia. Tempat parkir dan panggung pelataran untuk menggelar acara. Jalan setapak pun sudah diperbaiki untuk mencapai tebing. Hanya perlu perlengkapan panjat untuk menikmati wisata Bukit Lawang. (ads)

Foto Utama:

Bukit Lawang yang terletak di Desa Cupang, Gempol, Palimanan Cirebon. Objek wisata panjat tebing di Kabupaten Cirebon yang sudah dikenal para pemanjat sekitar di Kuningan, Majalengka, dan Indramayu serta Bandung. (foto. Iman/ dok FPTI DKI)

Similar Posts