Approach Shoes diartikan sebagai sepatu yang dirancang untuk menggabungkan dua kegiatan yakni  rock climbing dan hiking. Oleh karena itu Approach Shoes memiliki karakteristik bisa digunakan untuk merayap (scrambling) ke atas dan juga dapat digunakan untuk berjalan dengan jarak yang jauh. Biasanya jenis sepatu ini digunakan dalam kegiatan mountaineering.

Nama Approach Shoes diberikan karena kemampuannya untuk mencapai suatu destinasi yang cukup beragam hingga sampai pada destinasi yang sulit seperti tebing slab (miring).

Di bawah ini terdapat lima  terbaik Approach Shoes versi Climbing Magazine yang terbit pada Juni 2016. Tester dari sepatu-sepatu berikut telah menjelajah empat negara untuk mengecek seperti apa masing-masing sepatu bekerja saat sedang di perjalanan.

 top 5 Approach Shoes
  1. Adidas Terrex Agravic

Dengan penampilan yang menarik, kenyamanan tiada tara, dan bobot yang ringan membuat sepatu keluaran Adidas ini cocok digunakan untuk trail, scrambling dengan tingkatan mudah, trail running, dan bepergian ke segala tempat atau travelling.

   
 top 5 Approach Shoes
  1. Five Ten Access

Ketangguhan Approach Shoes ini dapat dirasakan oleh seorang trail runner. Sepatu keluaran Five Ten ini ideal untuk segala jenis medan menanjak dengan kesulitan di bawah atau setara class 5.

 

   
top 5 Approach Shoes
  1. Scarpa Gecko

Untuk kegiatan yang banyak melibatkan kegiatan merangkak (scrambling), atau kegiatan dengan tingkat kesulitan 5.8, Gecko merupakan sepatu yang kaku, mendukung, melindungi, tahan lama, dan kokoh untuk kegiatan jenis itu. Ditambah kenyamanan dan bobot yang ringan membuat Gecko adalah pilihan yang patut diperhitungkan.

top 5 Approach Shoes
 

  1. Arc’teryx Arakys

Ideal untuk cragging, bouldering, dan multi-pitching ketika anda membutuhkan sepasang sepatu untuk turun. Bobot sepatu ini sangat ringan tapi mampu untuk mendukung kegiatan trail travel maupun digunakan di medan yang teknikal.

 

   
 top 5 Approach Shoes

  1. La Sportiva TX2

Sepatu keluaran La Sportiva ini memiliki desain dan satu-satunya ciri spesifik panjat tebing ketika bobot dan kecepatan menjadi hal yang ingin dicapai. Sepatu ini cocok digunakan ketika membawa barang berat.

 

Sepatu apa yang cocok untuk saya?

Jika pertanyaan itu melintas di pikiran Anda. Sebaiknya perhatikan dulu jenis kegiatan dan medan yang akan Anda lalui. Bagi para pemanjat, Approach Shoes digunakan ketika hendak memindahkan barang dari kendaraan menuju tebing. Mereka tidak bisa menggunakan hanya sepatu sneakers. Oleh karena itu dibutuhkan sepatu yang mendukung pergerakan anda di medan yang akan dilalui. Jika medannya sangat teknikal, maka kira-kira sepatu apa yang cocok Anda sudah tahu. Atau misalnya Anda akan bepergian lama di medan yang relatif mudah, maka pilihan sepatu apa Anda sudah tahu. (fir/ sumber: climbing.com)

Similar Posts