Jelajah Enam Gunung

Tidak banyak buku panduan pendakian diterbitkan di Indonesia. Salah satunya yang disokong oleh Harley Shasta, seorang penulis pendakian yang telah menerbitkan panduan teknik mendaki. Harley Shasta juga dikenal dengan perjalanan-perjalanan di Taman Nasional Indonesia yang sebagian besar adalah gunung.

SSeven Summit Indonesiaeorang rekan sesama pendaki, Harley Shasta, mempromosikan ide Seven Summit Indonesia. Ini mengikuti ide Seven Summit of the World yang merupakan puncak-puncak gunung tertinggi. Seven Summit Indonesia diajukan Hendri Agustin, yang membagi wilayah Indonesia menjadi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Kepulauan Maluku dan Kei, Bali dan Sunda Kecil atau Kepulauan Nusa Tenggara.

Enam dari tujuh puncak yang dipilih Hendri Agustin ternyata berada dalam kawasan konservasi. Gunung Rinjani di Lombok; Gunung Binaya di Seram, Maluku; Bukit Raya di Kalimantan; Carstensz Pyramid di Papua, Gunung Kerinci di Sumatera, dan Gunung Semeru di Jawa. Hanya Gunung Latimojong di Sulawesi yang bukan Taman Nasional.

Dalam buku setebal 88 halaman ini keseluruhan gunung diuraikan cara pencapaian puncak. Masing-masing dijelaskan jalur pendakian dilengkapi ilustrasi foto yang tata letaknya disusun Muhammad Sulaiman. Selain itu juga dijelaskan cara mencapai desa terakhir start pendakian, serta prakiraan waktu terbaik pendakian. Pada penutup juga diberikan alamat surat  dan kontak telepon dari masing-masing Balai Taman Nasional.  (ads)

Judul Buku      : Jelajah Enam Gunung di Taman Nasional

Penulis             : Alm. Edi Djuharsa, Asep Sugiharta, Hesti Rahayu, Tri Winarni, Yudi Santoso, Menilan Lies Susanti, I Ketut Linggih, Nandang Gumilar, Maya Rahmadini

Penerbit           : Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Terbit Perdana : 2015

 

Similar Posts