rumah singgah flores

Geliat perjalanan menuju tempat-tempat eksotik di Indonesia mencapai masa kegemilangannya 3 tahun ke belakang. Tidak hanya gunung dan pantai, desa-desa pun menjadi tempat tujuan guna melihat langsung keunikan yang dimiliki daerah-daerah yang jaraknya ribuan kilometer dari pusat keramaian macam Jakarta. Tak terkecuali kawasan Indonesia Timur, sebuah kawasan eksotik dengan ciri khas sabana luas dan daratan kering berbeda 180 derajat dengan daerah hutan hujan semisal di Sumatera.

Flores adalah satu tujuan di Indonesia Timur. Maraknya pejalan sebangun dengan kebutuhan tempat singgah untuk istirahat dan warung makan untuk mengisi perut. Kodrat manusia untuk mengistirahatkan diri dan mengisi tenaga tidak dapat dihindari. Maka, kebutuhan untuk memenuhi kodrat tadi akan terus ada selama pejalan juga terus pergi dari satu tempat menuju tempat lain.

Kini, di gugusan kepulauan Sunda Kecil itu ada sebuah inovasi yang memanjakan para pejalan tadi. Sebuah tempat yang menawarkan kemudahan bagi para pejalan sekaligus mencukupi kebutuhan dasar manusia tadi yakni tempat istirahat dan tempat makan. Rumah singgah Ola Ngari namanya. Rumah milik seorang perempuan yang biasa dipanggil Mama Fransiska ini menawarkan tumpangan cuma-cuma alias gratis bagi para pejalan yang sedang berkunjung ke Flores. Tak hanya istirahat, para pejalan juga dapat menikmati makan dengan gratis pula plus dapat melihat proses pembuatan Kain Tenun Ikat khas Ende Lio.

Keuntungan singgah di tempat Mama Fransiska ini adalah letaknya yang sangat strategis untuk mengeksplorasi pulau Flores. Rumahnya berada tepat di kaki Gunung Kelimutu. Dua jam berkendara menuju Danau Tiga Warna yang tersohor itu. Kendaraan sewa juga mudah didapat sebab warga sekitar menyewakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan harga keluarga. Selain itu tentu dapat menghemat ongkos dan mengenal secara langsung masyarakat Indonesia dengan lebih dekat tanpa perantara.

Untuk menuju Rumah Ola Ngari dapat memulai perjalanan dari Ende maupun Maumere. Para Pejalan nantinya perlu memastikan turun di Simpang 3 Rumah Makan “Jawa Timur” yang berada di Kecamatan Wolowaru. Istirahat sejenak dan mengisi perut di sini juga sangat direkomendasikan karena masih daerah ramai Jalur Trans antar Kabupaten di Flores. Dari pertigaan perjalanan harus dilanjutkan dengan kendaraan roda dua atau empat, tersedia juga ojek dengan tarif 10.000 dengan meminta driver ojek mengantarkan menuju rumah Mama Fransiska. Jaraknya lima kilometer. Tepatnya ada di Kampung Nuapaji, Desa Jopu, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende – Flores Tengah.

Mama Fransiska dapat dihubungi melalui 081236087972. Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat pula menghubungi Emanuel Ndelu Wele di 08125323546 atau melalui e-mail emanuelnw.enw@gmail.com sebagai orang yang mempromosikan Rumah Singgah Ola Ngari. (fir/berbagai sumber)

Similar Posts