outdoor festival di amerika

Awal tahun di Indonesia dipenuhi dengan festival outdoor-lifestyle. Baru saja Maret lalu dibuka dengan Deep & Extreme dan IIOutfest 2017 di Jakarta, April ini IIOutfest akan berlangsung kembali di Bandung. Disusul dengan Indofest di JCC Senayan mulai 11 Mei nanti.

Di belahan dunia lainnya, tepatnya Amerika Serikat, pameran semacam ini juga menjadi acara wajib tahunan. Festival semacam ini cukup berkembang di tanah Amerika karena banyaknya produsen gear  yang berasal dari negara ini, Juga karena tingginya minat olahraga petualangan di kalangan masyarakatnya. Bahkan menurut sebuah penelitian, orang-orang Amerika bisa menghabiskan sekitar $648juta dalam satu tahun untuk rekreasi berbau petualangan.

Kalau di Indonesia lebih ramai pada awal tahun, di AS baru summer nanti ramai dengan outdoor-lifestyle festival. Berikut beberapa rangkumannya.

1. Adventure + Gear Fest

outdoor festival di amerika
Salah satu arena bermain di Adventure + Gear Festival. (sumber: adventuregearfest.com)

Tahun ini, Adventure Gear Fest akan diadakan pada 23-24 Juni di Utah, Amerika. Utah sendiri adalah negara bagian Amerika Serikat, yang wilayahnya menjadi salah satu pusat produksi produk olahraga luar ruang. Diantaranya Black Diamond, Gregory, Klymit, dan Backcountry.  Tapi bukan hanya produk-produk ‘gunung’ yang ditawarkan, tapi ada pula produk untuk cycling, skateboarding, dan skiing.

Seperti halnya festival di Indonesia, selain memamerkan outdoor gear di festival ini juga ada arena bermain seperti wall climbing, slackline, dan Mountain Bike. Meski hanya diadakan dua hari, tapi acara ini punya banyak sub-program. Pengunjung bisa menikmati pertunjukan musik, Mountain Film Festival, trail run, sampai 24-hour-race yang dijuluki ‘Questival’. Dan untuk masuk ke festival ini, tidak dikenakan biaya.

2. Get In Gear Fest

Get In Gear Fest diinisiasi oleh Outdoor Gear Builder. Jika festival sebelumnya diadakan di Utah yang wilayah dari beragam brand nasional dan internasional, festival ini diselenggarakan di  Asheville, negara bagian North Carolina.

Produk-produk yang dipamerkan selama acara fokus pada buatan lokal, terutama yang tergabung dalam Outdoor Gear Builder. Outdoor Gear Builder bukan hanya menjadi wadah bagi produk-produk untuk backpacking, tapi juga untuk dan bermacam olahraga petualangan lainnya seperti kayak dan bersepeda. Event ini dilaksanakan hanya satu hari dan tahun ini sudah berlangsung pada 18 Maret lalu.

outdoor festival di amerika
(sumber: outdoorretailer.com)

3. Outdoor Retailer Market

Acara ini diselenggarakan dua kali dalam setahun, di musim panas dan dingin. Untuk summer tahun ini juga berlangsung di Utah, tepatnya Salt Lake City pada 26-29 Juli 2017.

Outdoor Retailer Market biasanya diselenggarakan dalam dua area, indoor dan outdoor. Selain menyajikan beragamam booth produsen outdoor gear, acara ini juga lengkap dengan peragaan busana-busana untuk olahraga petualangan. Salah satu acara spesialnya adalah Open Air Demo dari salah satu exhibitor pada saat kegiatan. (uli)

Similar Posts