masa pendidikan pencinta alam

Merencanakan perjalanan krusial di dalam pendakian. Perencanaan yang matang dapat menentukan keberhasilan. Perencanaan dibuat, memilih rekan perjalanan adalah hal yang juga krusial. Sebab, teman jalan adalah kolega yang akan bersama selama pendakian. Maka, penting untuk merasa nyaman mendaki bersama rekan seperjalanan.

Menjawab tantangan itu, aplikasi berbasis Android bernama “Muncak” hadir. Aplikasi ini ditujukan untuk berbagi perjalanan pendakian dengan orang lain. Setiap orang dapat merancang perjalanannya dengan matang dan detail, setelah itu dapat dibagikan kepada siapa saja yang tertarik bergabung. Jika ingin mendaki dengan teman baru, maka aplikasi ini sangat tepat untuk dicoba.

aplikasi pendakian
Logo aplikasi Muncak untuk android.

Kelebihan dari aplikasi Muncak ini adalah detail perencanaan yang telah dibuat oleh inisiator. Sehingga orang lain yang tertarik bergabung dapat melihat dengan jelas perencanaan itu. Harapannya, orang lain yang tertarik dapat menambahkan atau mengoreksi perencanaan agar lebih sempurna. Fitur untuk menyempurnakan perencanaan dalam obrolan itu terdapat pada fasilitas chatting yang dapat dilakukan mirip seperti grup dalam aplikasi pesan singkat.

Selain itu, pengguna aplikasi yang tertarik bergabung juga dapat melihat profil rekan perjalanan yang ada di rencana perjalanan. Detail seperti riwayat pendakian juga disertakan. Untuk pemula, detail ini sangat membantu karena akan memberi rasa nyaman selama mendaki jika ia tahu rekan pendakiannya sudah berpengalaman. Sementara bagi yang lain, detail ini dapat digunakan untuk menjadi bahan obrolan selama pendakian, yakni berbagi cerita pendakian yang sudah dilewati. Atau untuk bertanya jika seandainya setelah perjalanan ini kita akan melakukan pendakian ke gunung yang sudah didaki oleh rekan perjalanan kita tadi.

Sementara kekurangan dari aplikasi ini adalah masih belum sempurnanya aplikasi ini dibuat. Di dalam keterangannya sendiri, aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum resmi dirilis. Selain itu, belum banyak yang mengetahui keberadaan aplikasi ini, sehingga penggunanya belum banyak dan susah untuk mencari referensi atau testimoni dari pendaki yang sudah pernah mencoba aplikasi ini. Terlepas dari itu, aplikasi ini tetap layak untuk dicoba untuk berbagi pendakian bersama rekan baru. (firman arif)

Similar Posts