Jakarta – Sambil menyelam minum air. Di Indonesia, ternyata selain minum air, menyelam dapat dilakukan sambil menikmati indahnya gunung. Bagaimana bisa?

Indonesia memang kaya akan destinasi wisata alam. Bagi traveller yang ingin mencoba pengalaman wisata alam yang baru, Gunung Mahangetang bisa dicoba. Terletak di sisi barat daya Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, masyarakat setempat menyebutnya Gunung Banua Wuhu.

Jangan ditanya berapa MDPL, ya, karena Gunung Banua Wuhu adalah gunung api bawah laut yang merupakan gunung vulkanik aktif.

Berdasarkan data PVMBG, Gunung Banua Wuhu Berada di dua lempeng besar bumi, yaitu Lempeng Australia dan Lempeng Eurasia. Puncaknya berada 6-8 meter dibawah permukaan laut dimana puncaknya akan menyembul tiap kali air laut surut.

Bagi penggiat diving, Gunung Banua Wuhu juga dikenal sebagai spot diving extreme dimana suhu air berkisar 37-38 celcius.

Sebagai gunung vulkanik yang masih aktif, Gunung Banua Wuhu juga memiliki aktivitas layaknya gunung vulkanik aktif lainnya. Gelembung-gelembung udara yang keluar dari badan gunung mempercantik keindahan bawah laut.

Gunung Banua Wuhu masih aktif. Meski berada di bawah laut, Gunung Banua Wuhu pernah erupsi sehingga menimbulkan dampak besar untuk sekelilingnya. Saat ini, masih sering terdengar gemuruh-gemuruh di dalam bumi dan gelembung panas dengan bau menyengat.  

Kawasan sekitar Gunung Banua Wuhu memiliki biota laut yang sangat indah. Terumbu karang aneka warna tersebar di kedalaman 10-20 meter. Waktu terbaik untuk melakukan penyelaman berlangsung mulai bulan Maret hingga November setiap tahunnya untuk menghindari cuaca buruk atau gelombang air yang naik.  (sho/berbagai sumber)

foto : Spot diving ekstrim di Gunung Bawah Laut Banua Wuhu (dok. thebiggestinindonesia)

 

Similar Posts