peralatan canyoning

Berkembangnya olahraga petualangan selalu sejalan dengan perkembangan peralatan yang dibuat semakin canggih. Berkembang menyesuaikan kebutuhan pelaku olahraga. Mengimbangi kebutuhan akan keselamatan dan kenyamanan saat bergiat di alam bebas. Salah satu olahraga yang mulai berkembang adalah Canyoning. Olahraga ini menawarkan sesuatu yang baru berbeda dengan yang sudah ada, seperti contohnya menuruni air terjun dengan menggunakan tali.

Salah satu penyedia peralatan petualangan yang menyediakan secara khusus peralatan adalah Petzl. Pabrikan asal Prancis ini di dalam website-nya secara khusus menaruh satu kategori khusus untuk canyoning lengkap dengan berita serta teknik terbaru untuk olahraga tersebut.

Berikut beberapa peralatan yang disediakan oleh Petzl khusus untuk olahraga canyoning.

peralatan canyoning 1. Harness (Canyon)

Dirancang dengan sabuk pengikat yang empuk dan kursi pelindung. Berbeda dengan sabuk kekang untuk olahraga panjat tebing atau telusur gua, sabuk kekang sengaja dirancang menggunakan bahan yang tidak menyerap air, serta perbedaan yang mencolok adalah soal kursi pelindung. Sehingga, alat ini akan berumur lebih lama meskipun digunakan untuk olahraga di air dan sekitarnya.

   
peralatan canyoning

2. Helm (Panga)

Produk helm dengan nama Panga ini dirancang untuk semua ukuran. Tujuannya agar lebih mudah digunakan dalam grup maupun klub. Sebab, aktivitas canyoning biasanya melibatkan banyak orang. Sejalan dengan tujuan itu, helm ini bisa disesuaikan dengan ukuran kepala yang terdapat di bagian belakang. Helm ini terdiri dari tiga bagian yakni bagian luar disebut shell, kemudian bagian dalam yang lebih nyaman untuk kepala, serta bagian tali pengait. Sekilas helm ini mirip dengan helm yang digunakan pada panjat tebing.

   
peralatan canyoning

peralatan canyoning

3. Tali (Club 10 mm)

Tali keluaran Petzl ini dikhususkan untuk kegiatan telusur gua dan canyoning. Jenis talinya adalah kermantle semi-statis berdiameter 10 mm yang sangat nyaman untuk dipegang dan memiliki daya tahan yang baik. Tersedia dalam dua warna yakni oranye dan putih, serta berukuran panjang 40, 60, dan 70 meter. (gambar kiri)

 

4. Tali Pengaman (Dual Connect Adjust)

Dual positioning adjust memiliki satu bagian dengan panjang tetap dan satu bagian dengan panjang yang dapat disesuaikan dengan penambat saat ingin mengamankan diri di medan miring dan badan berada di tali. Tali pengaman ini sangat nyaman untuk digunakan saat rappelling panjang, rute multi-pitch, mountaineering, atau untuk berjalan bersama di tali saat canyoning. Alat ini sangat sederhana dan cepat saat dibutuhkan pergerakan yang cepat.

peralatan canyoning 5. Carabiner (Attache)

Carabiner keluaran Petzl ini dibuat dengan bobot yang ringan, berbentuk delta, dan pipih di seluruh bagian kecuali di bagian pengunci. Sistem pengunci menggunakan sekrup yang berputar. Dirancang untuk belaying, atau menghubungkan belay sistem ke harness.

   

peralatan canyoning

6. Figure of Eight/Alat Turun (Pirana)

Dirancang khusus untuk kegiatan canyoning membuat figure of eight Pirana memiliki bentuk yang menyesuaikan dengan fungsinya. Di antaranya adalah keberadaan sudut-sudut untuk memberikan banyak opsi pengereman saat turun. Tidak seperti figure of eight lawas yang dirancang untuk kegiatan panjat tebing. Selain itu, kelebihan figure of eight ini adalah bisa memasang dan memindahkan tali tanpa perlu dikeluarkan dari harness.

Selain sistem pengaman, canyoning membutuhkan life-vest, atau pelampung dan pakaian kedap air, seperti wetsuit yang digunakan penyelam. (fir/www.petzl.com)

Similar Posts