The Man Who Skied Down Everest

Satu film bertema petualangan dengan nuansa lain adalah film berjudul The Man Who Skied Down Everest. Menceritakan mengenai seorang yang mendaki puncak tertinggi di dunia untuk kemudian turun dengan cara berbeda dari orang lain, melakukan ski.

The Man Who Skied Down EverestFilm dokumenter ini cerita mengenai menuruni South Col di Everest menggunakan papan ski dilakukan oleh seorang Jepang bernama Yuichiro Miura. Ia melakukannya pada tahun 1970. Saat itu Miura tergabung di dalam The Japanese Everest Skiing Expedition 1970. Di dalam ekspedisi itu sendiri enam kawan Yuichiro Miura gugur. Sedangkan Miura sendiri berhasil turun menggunakan papan ski dari Yellow Band di bawah South Col atau 350 meter dari puncak terus menuruni Lhotse Face sejauh 2000 meter dalam waktu 2 menit 20 detik. Miura menggunakan bantuan parasut untuk memperlambat laju papan ski di atas es.

Film garapan Budge Crawley yang seorang Kanada ini sangat patut untuk dijadikan tontonan wajib petualangan. Yuichiro Miura sebagai sosok sentral di dalam film ini di kemudian hari menjadi manusia tertua yang berhasil mencapai puncak Everest di saat usianya sudah memasuki 80 tahun. Sementara film dokumenter yang dirilis pada  1975 ini nantinya akan memenangkan Academy Award untuk kategori film dokumenter. Film ini adalah film dokumenter bertema petualangan atau olahraga pertama yang memenangkan Piala Oscar untuk kategori film dokumenter. (fir)

Similar Posts