Nobi bags, kantong lipat dari bahan jaring. Terlipat dalam bentuk dompet, dan tergerai berbentuk keranjang panjang. Ini tentu saja mirip dengan kantong belanja yang kini populer sebagai pengganti layanan kantong plastik percuma. Ide dibaliknya tidak mirip, karena tujuannya membawa sampah laut.

Nobi Bags
Nobi Bags, kantong jaring ringkas untuk membawa sampah para penyelam (adiseno)

Novendo Belladone, yang punya ide untuk menyelamatkan lingkungan sekaligus menyelamatkan dompetnya. Ia mulai terjun ke dunia produsen peralatan petualangan, setelah kenyang berada di dunia kerja. Wiraswasta industri kegiatan alam diawali dengan kepedulian kepada sampah di laut. Vendo, begitu ia dipanggil, pun membuat kantong jaring yang ringkas.

Kantong ini bisa dibawa penyelam tanpa mengganggu pergerakan. Setelah dibutuhkan, tinggal dibuka dan tidak perlu khawatir penuh dengan air karena bahan jaring. Jerat penutup menggunakan tali yang kuat hingga sampah bisa dipadatkan.

Bagi petualangan darat, jaring pun bermanfaat. Sampah bisa kering dijemur saat istirahat atau berkemah. Memadatkannya agar muat di ransel pun bisa dengan menekan atau meninjak kantong Nobi.

Nama Nobi, ujar Vendo, bukan hanya ringkasan nama dia. “Awalnya dulu saya kasih nama produk saya Nobel,” jelas Vendo. Ia memilih kata Nobel karena bermakna mulia, sesuai tujuan kantong buatannya perdana. Tetapi Vendo lebih menyukai singkatnya Nobi karena lebih “bunyi”. (ads)

Similar Posts