Sejak regulasi menekan penggunaan kantong plastik mulai digulirkan, banyak inovasi bermunculan. Semuanya untuk memberi pilihan para konsumen agar lebih bijak menggunakan kantong platik. Tujuan utamanya tentu mengganti kantong plastik dengan bahan lain yang ramah lingkungan. Kantong belanja produksi Mountain Works asal Bandung misalnya.

kantung belanja ramah lingkungan
Tampak keseluruhan kantong belanja Harmony In Nature.

Kantong belanja ini berbahan dasar kain yang licin. Seperti pada kantong belanja pada umumnya juga ada pegangan di bagian atas untuk menenteng belanjaan. Namun, kantong belanja ini menjadi unik karena dapat dilipat hingga hanya seukuran genggaman tangan orang dewasa. Tidak hanya itu, setelah dilipat, kantong belanja ini dapat dilipat menjadi bentuk balok persegi panjang berukuran kecil dengan zipper. Sehingga, sebelum digunakan dapat ditaruh di kantong dan ketika selesai dipakai dapat disimpan dengan rapi. Ada banyak pilihan warna. Semuanya bergambar hewan zebra dengan tulisan “Harmony in Nature”.

Harga satuannya dibanderol 25ribu rupiah. Produk Mountain Works ini cukup diminati dan banyak dikunjungi oleh pengunjung Indofest 2016 di Istora Senayan, Jakarta. Karena produksinya ada di Bandung, maka pemesanan di luar pameran dapat dilakukan komunikasi via Fanpage Facebook mereka di Mountain Works. (fir)

Similar Posts