film panjat tebing

Film-film bertema petualangan punya daya tarik tersendiri. Para peminatnya bukan hanya datang dari para pegiat kegiatan outdoor, tapi juga khalayak umum yang awam akan kegiatan luar ruang. Dalam beberapa tahun terakhir, film bertema kegiatan outdoor atau petualangan cukup mendapat animo yang baik di masyarakat. Sebut saja Vertical Limit, 127 Hours, dan Everest. Selain pendakian gunung, panjat tebing juga menjadi salah satu tema yang banyak diangkat ke layar kaca dan sukses, baik dalam segi finansial maupun ajang penghargaan. Berikut lima film bertema panjat tebing yang menarik untuk disaksikan.

1. Touching the Void (2003)

Film yang masuk dalam kategori dokudrama ini disutradarai oleh Kevin Macdonald. Touching The Void diadaptasi dari buku bestseller berjudul sama. Menceritakan perjalanan Joe Simpson dan Simon Yates di Siula Grande pada 1985 ketika salju turun. Keinginan keduanya untuk melakukan pemanjatan dengan sistem alpine terhalang badai salju. Patah tulang, dan keinginan untuk bertahan hidup mewarnai film berurasi 106 menit ini.

Trailer Touching The Void

film panjat tebing2. King Lines (2007)

Dibintangi oleh salah satu pemanjat handal dunia, Chris Sharma. King Lines masuk ke dalam film yang ditayangkan pada Reel Rock 2 Film Tour 2007. Film yang disutradarai Josh Lowell dan Peter Mortimer bercerita tentang perjalanan Sharma dari tebing Venezuela menuju Mediterania. Dalam film ini pula Sharma menuntaskan pemanjatan Es Pontas, sebuah lengkungan alami yang berada di bagian tenggara Mallorca. Film sepanjang 60 menit ini banyak dinominasikan dan menang pada ajang penghargaan, salah satunya dalam ajang Sports Emmy Award di kategori Outstanding Camera Work.

Trailer King Lines

3. China Jam (2014)

China Jam bercerita tentang perjalanan petualang sekaligus musisi Belgia Sean O’Driscoll Villanueva, Nicolas Favresse, Stephane Hanssens, dan rekan Prancis mereka Evrard Wendenbaum. Keempatnya menghabiskan waktu 14 hari hidup vertikal di salah satu tebing di China. Yang menarik, China Jam memasang ilustrasi musik yang berbeda dengan banyak film petualangan lainnya. Sutradara Evrard Wendenbaum mengemas China Jam dengan musik-musik ceria dan humor antar para pemanjat.

Trailer China Jam

4. Meru (2015)

Film dokumenter yang rilis tahun lalu ini disutradarai oleh Jimmy Chin. Meru bercerita tentang ekspedisi pemanjatan menuju Meru Peak melalui jalur Shark’s Fin yang dilakukan oleh Conrad Anker, Jimmy Chin, dan Renan Ozturk. Ketiganya kemudian menjadi orang-orang pertama yang menyelesaikan jalur Shark’s Fin setelah gagal karena dihantam badai salju pada percobaan pertama. Film berdurasi 90 menit ini juga mendapat penghargaan dalam Sundance Film Festival 2015.

Trailer Meru

5. Exposure Vol. 2 (2015)

Exposure Vol. 2 memaparkan perjalanan penuh obsesi yang dilakukan Daniel Woods, Jimmy Webb, Alex Megos, Alex Puccio, dan Dmitry Sharafutdinov. Dengan durasi 82 menit, film ini akan memacu adrenalin penonton dengan pendakian dan pemanjatan tebing-tebing dunia termasuk di Rusia, Swiss, Jerman, dan Colorado.

Trailer Exposure Vol.2

(uli/berbagai sumber)

Similar Posts