Festival Film Adventure

Cinema Vérité, Cinema Adventure

Jika di Indonesia film bertema adventure masih minim, di negara lain fim bertema adventure sudah berkembang sejak 1900an. Baik film adventure yang diproduksi untuk komersil atau murni dokumentasi perjalanan. Kini semakin banyak festival mancanegara yang khusus membawa film-film bertema adventure sebagai sajiannya. Karya yang ditampilkan berasal dari berbagai belahan dunia. Berikut empat festival film adventure yang berlangsung pada 2016.

1. The Adventure Travel Film Festival 

Festival yang pertama kali dilaksanakan pada 2011 ini merupakan ide dari pasangan Austin Vince dan Lois Pryce. Vince dikenal dengan ekspedisi sepeda motor dalam dokumenter Mondo Enduro dan Terra Circa, dan Pryce sebagai travel writer sekaligus jurnalis. Setelah lebih dari sepuluh tahun menerima kiriman film bertema perjalanan dan petualangan dari para filmmaker yang tidak dikenal, keduanya memutuskan untuk mempublikasikan film-film tersebut.

Film yang diputar dalam festival ini bukan hanya karya yang baru diproduksi, tapi juga film-film lawas yang diproduksi sejak 1920-an. Yang menarik, tidak ada reward khusus yang diberikan penyelenggara bagi film yang diikutsertakan. Selain itu, screening film berlangsung dalam suasana berkemah selama dua hari di berbagai camp ground. Pada 2016, The Adventure Travel Film Festival akan dilaksanakan di UK pada 12-14 Agustus dan Skotlandia pada 16-18 September. Sedangkan pemutaran di Australia berlangsung pada 10-12 Februari 2017.

2. Reel Rock

Festival Film AdventureFilmmaker Josh Lowell dan Peter Mortimer pertama kali mengadakan Reel Rock Film Tour  pada 2006. Umumnya film yang diputar bertemakan panjat tebing, meskipun tetap menampilkan film-film petualangan lainnya. King Lines, First Ascent, Pilgrimage adalah beberapa judul film yang diputar dalam Reel Rock. Dalam kurun waktu September 2016 hingga Januari 2017, Reel Rock 11 akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Spanyol, Kazakhstan, dan Afrika Selatan. Jangan khawatir jika belum bisa menyaksikan langsung tur film ini karena secara rutin film-film Reel Rock dirilis dalam bentuk DVD dan HD Download.

3. Sheffield Adventure Film Festival (ShAFF)

Sheffield Adventure Film Festival (ShAFF) telah diadakan pada Maret lalu. Program festival ShAFF dipublikasikan pada Januari di setiap tahunnya. Festival ini memiliki 13 kategori film yang dilombakan, diantaranya kategori climbing, biking, running, dan ski & board. Sedikitnya £100 diberikan kepada film yang berhasil menang di setiap kategori dan £200 kepada pemenang film terbaik. Yang berbeda dari festival ini, untuk menghormati sekaligus menunjukkan kebanggan terhadap kota tempat berlangsungnya festival, Sheffield, ada kategori Best Film Made in Sheffield. Ada pula kategori Best Woman in Adventure Film untuk mengapresiasi sosok perempuan dalam film berkategori petualangan yang umumnya didominasi oleh laki-laki.

Dalam ShAFF, penilaian film bukan cuma berasal dari para juri terpilih, tapi juga para pengunjung festival. Sejak 2015, pengunjung screening diberikan nomor vote yang dapat digunakan untuk memberikan penilaian terhadap film yang telah disaksikan. Tahun ini Sherpa, A Line Across The Sky, dan Kayaking The Alutians yang berhasil menyabet penghargaan sebagai The 2016 ShAFF People’s Choice Award.

4. Banff

Banff bisa dikatakan sebagai festival film bertema adventure yang paling tua. Banff Centre for Arts and Creativity didirikan pada 1933 di bawah naungan University of Alberta. Secara berkala Banff mengadakan kompetisi dalam bidang-bidang seni dan kreativitas, salah satunya bidang film. Kompetisi bertajuk Banff Mountain Film Competition dapat diikuti masyarakat umum. Tahun ini, kompetisi dibuka hingga 3 Agustus.

Meski mengusung nama mountain film, film bertema olahraga adrenalin, seperti mountain biking, skiing, paddling, dan tentu saja climbing, juga muncul dalam tur film Banff. Film-film tersebut dikemas dalam program Radical Reels Tour.

World Tour Banff ke-41 akan diadakan pada 29 Oktober sampai 6 November 2016 di lebih dari 40 negara. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam daftar negara yang menjadi tujuan BANFF World Tour. Jepang dan India adalah negara tujuan BANFF yang berada di wilayah Asia, sedangkan negara terdekat dari Indonesia yang masuk ke dalam tur dunia Banff adalah Australia dan Selandia Baru. (uli/berbagai sumber)

Similar Posts