eco friendly gear

Bergiat di alam berarti juga harus memikirkan kelangsungan hidup alam itu sendiri. Ini yang coba diterapkan sebagian produsen perlengkapan outdoor pada produk-produknya. Sebagian meminimalisir bahkan menghentikan penggunaan PFC (Perflourinated chemicals) yang biasanya menjadi bahan utama beragam outdoor gear karena ketahanannya akan air, tapi sayangnya tidak dapat terurai di alam. Sebagian lainnya memilih menggunakan recycled-polyester.

Eco-friendly gear berikut ini adalah solusi untuk lebih ramah lingkungan.

eco friendly gear

1. Columbia OutDry Extreme Eco Jacket

Bahan utama dari Columbia OutDry Extreme Eco Jacket adalah botol plastik. Satu jaket setara dengan 21 botol plastik yang telah didaur ulang. Bukan hanya itu, semua material untuk jaket ini, temasuk label dan zipper, menggunakan hasil daur ulang. Selain ramah lingkungan, bahan dasarnya juga dye-free alias tidak melalui pewarnaan. Ini berarti menghemat penggunaan 13 galon atau sebanyak 51liter air jika dibandingkan dengan dyed-jacket.

Columbia Outdry Extreme Eco Jacket dinobatkan sebagai gear of the year pada 2016. Penghargaan ini diantaranya diberikan oleh National Geographic Adventure, Gear Junkie, Outside ‘Gear of The Show’, dan Gear Institute. Produk Columbia ini dihargai sekitar Rp2,6juta.

 

   
eco friendly gear

2. Fjallraven Abisko Friluft 45

Abisko jadi salah satu seri yang diunggulkan Fjallraven untuk trekking atau hiking karena termasuk ransel ringan dengan dengan backsystem yang nyaman. Material utamanya G-1000 adalah eco-made fabric yang terdiri dari 65% polyester daur ulang dan 35% kapas organik. Nilai eco-friendly ransel ini bertambah dengan kemudahan mencuci ransel tanpa menggunakan air, cukup dibersihkan dengan Greenland wax. Ransel ini dibanderol harga €199.95 atau sekitar Rp2,9juta.

   
keb eco shell trousers

3. Fjallraven Keb Eco-Shell Trousers

Keb Eco-Shell Trousers seharga $400 atau sekitar 5,3juta rupiah terbuat dari 100% polyester daur ulang. Pernah mendapatkan predikat best new trekking trouser pada 2010 dari OutDoor Industry Awards. Celana panjang ini diunggulkan di semua medan karena lebih elastis, windproof, dan waterproof sekaligus.

Eco-shell sendiri adalah teknologi yang dikembangkan Fjallraven untuk produk yang lebih waterproof, highly-breathable, serta sustainable karena menghindari penggunaan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan.

 
 big agnes fly creek

 4. Big Agnes Fly Creek 2 Platinum

Big Agnes adalah salah satu produsen outdoor gear yang mengutamakan penggunaan material yang ramah lingkungan. Tenda Big Agnes waterproof tanpa menggunakan PVC (Polyvinyl chloride). Bukan hanya itu, Fly Creek 2 Platinum juga unggul karena ringan. Beratnya hanya 907gram untuk tenda ukuran dua orang. Harganya mencapai $550 atau Rp7,3juta. 

(uli/berbagai sumber)  
Similar Posts