Selain makanan yang esensial, peralatan berkemah juga jadi pertimbangan utama saat akan melakukan perjalanan. Apalagi perjalanan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk edisi Januari 2017, Backpacker Magazine memilihkan beberapa peralatan yang cocok dibawa saat melakukan perjalanan panjang. Mulai dari pilihan ransel, tenda, hingga sleeping bag alias kantong tidur. Alat-alat ini telah dites untuk menjalani perjalanan sejauh 2000mil. Pilihannya terbagi dalam tiga kategori: Ultralight, Comfort, Budget

  • Ultralight

Alat dengan teknologi ultralight adalah solusi bagi Anda yang ingin perjalanan tetap nyaman tanpa perlu beban tambahan. Konsekuensinya, harga untuk tiap produk ultralight cukup di atas rata-rata.

Ransel:
ZPacks Arc Blast
  Sleeping Bag:
Katabatic Alsek 22
  Jaket:
Mountain Hardware Ghost Whisperer 
u-arc-azure-angle-l

Arc Blast 55liter adalah produksi ZPacks yang paling light. Modelnya simple dan ruang utama dari ransel ini mampu memuat hingga 16kilogram.  Produk ini dihargai $325 atau sekitar Rp4,3juta.

  Alsek 22 didesain berbentuk mummy yang juga bisa menjadi selimut. Bagian bawahnya bisa dibuka untuk memaksimalkan penggunaan pad/matras tidur dan meminimalisir rasa panas yang dirasakan bagian belakang tubuh saat bergesekan dengan sleeping bag.

u- katabatic 22

  u-jaket

Meski sangat ringan, jaket dari Mountain Hardware ini juga sangat hangat. Packaging-nya memudahkan pengguna karena bisa di-press ke dalam . Tersedia pula jaket dengan hoodie untuk perempuan.

Tenda:
ZPacks Hexamid Solo 
  Rainwear:
ULA Rain Kilt
  Aksesoris:
Seperti namanya, tenda ini khusus untuk solo hiker. Untuk makin menghemat barang bawaan, tenda bisa dibangun hanya dengan mengandalkan trekking poles sebagai rangkanya.

u- tent-storm_doors_angle_l

  u-rainkilt

Rain Kilt adalah solusi untuk para ultralight-ers menghadapi hujan. Bentuknya seperti rok dan mudah dilepas-pakai. Material yang digunakan juga tidak membuat panas seperti saat menggunakan jas hujan

  Untuk aksesoris, terpilih Grit Protection dari Dirty Girl Gaiters. Alat ini terbukti membantu dalam menghadapi medan berpasir atau penuh kerikil. Nilai tambahannya: corak-corak unik penuh warna. u-gaiters
  • Comfort

Berikut alat-alat bagi Anda yang berkenan membawa ‘lebih’ demi kenyamanan ekstra di perjalanan.

Ransel:
Osprey Atmos AG 65
  Sleeping Bag:
Western Mountaineering UltraLight
  Jaket:
Montbell Alpine Light Down Parka

Anti-gravity backsystem membuat ruang antara ransel dan bagian torso tubuh. Atmos AG 65 dibanderol harga sekitar Rp2,5juta.

c-atmosag65_side_absinthegreen

  c-bag

Sleeping bag dengan full down collar. Tingkat kenyamanannya mecapai suhu minus 7derajat Celsius.

  Jaket super hangat yang dilengkapi hoodie ini bisa di-pack hingga seukuran botol minum Nalgene.

c-jaket

Tenda:
Big Agnes Fly Creek HV UL2
  Sun & Rain Protection: Swing Trek Liteflex Umbrella   Aksesoris:
Fly Creek HV UL2 masuk dalam kategori Comfort karena memiliki ruang yang lebih besar dibanding tenda denan kriteria kenyamanan yang sama. Tinggi bagian interiornya 99cm, lebar 132cm, dengan panjang 218cm.

c-FlyCreekHV_UL2_BodyOnly

  c-swing_liteflex_camouflage_600x600

Dijuluki the world’s lightest trekking umbrella, tapi punya rangka dan kanopi yang sangat kuat. Kanopinya juga dilengkapi UV protection.

 

c-Trail_Back_Trek_Pole_Extended_web

Trekking pole Trail Back produksi Black Diamond adalah aksesoris pilihan untuk kategori Comfort. Material yang digunakan anti patah, adjustable, dan nyaman untuk digenggam.

 

  • Budget 

Kombinasi peralatan ultralight dan kenyamanan. Meski barang-barangnya punya harga yang lebih murah dibanding dua kategori sebelumnya, peralatan ini tidak mengesampingkan kualitas.

 

Ransel:
ULA Circuit
  Sleeping Bag: Enlightened Equipment Prodigy   Jaket:
Uniqlo Ultra Light Down Jacket
Ransel andalan dari ULA ini punya kombinasi material yang ringan, kenyamanan, dan harga yang lebih ramah di kantong ($235). Juga backsystem-nya bisa disesuaikan untuk torso berukuran kecil.

b-Circuit-2T

  b-bagBentuknya lebih sederhana dengan material yang digunakan nyaman, serta dilengkapi strap yang bisa disangkutkan ke pad/matras tidur.   Meski lebih ‘ramah di saku’, Jaket produksi brand asal Jepang ini ringan, hangat, dengan desain yang apik.

b-jaket

Tenda:
Tarptent Rainbow 
  Rainwear:
Frogg Toggs Ultra Lite
  Aksesoris:
b-tent

Tenda free standing atau bisa menggunakan trekking pole ini dibanderol harga yang lebih murah dibanding tenda-tenda ultralight lainnya. Materialnya eksterior dan interior juga quick-dry.

  Rainwear ini diandalkan karena bahannya waterproof berkualitas yang tidak panas saat dikenakan.

b-rainwear

  b-PDP_smartwater_1.5-L-BottleBotol dari Smartwater (drinksmartwater.com) jadi aksesori pilihan di kategori Budget. Bentuknya slim, sangat sesuai untuk digenggam.

(uli/ sumber: backpacker magazine)

Similar Posts