adventure film

Pernahkah membaca buku ‘The Naked Traveler’? Catatan perjalanan dari seorang blogger ini sudah dibukukan dan menjadi salah satu buku traveling terlaris di Indonesia. Buku ini juga yang kini tengah digarap sebagai sebuah film dengan Rizal Mantovani di posisi sutradara. The Naked Traveler bukan satu-satunya buku tentang perjalanan yang benar-benar dilakukan yang diadaptasi menjadi sebuah film. Lima adventure film berikut juga merupakan hasil adaptasi dari buku catatan perjalanan.

1. Wild (2014)

Wild adalah adaptasi dari buku berjudul sama, Wild: From Lost to Found on The Pacific Crest Rail, yang terbit di 2012. Cheryl Strayed, pelaku sekaligus penulis buku menjalani perjalanan panjang 1770km Pasific Crest Trail pada 1995 dengan alasan self-discovery dan pemulihan trauma pasca kematian ibunya. Perjalanan yang dimulai dari perbatasan Meksiko hingga Kanada ini ditempuh selama tiga bulan. Keinginan impulsif Strayed untuk melakukan perjalanan tanpa adanya pengalaman atau latihan sebelumnya ini akhirnya berhasil mengubah cara pandangnya tentang banyak hal dan memberikan tujuan baru untuk hidupnya. Diperankan oleh Reese Witherspoon sebagai Cheryl Strayed, Wild mendapatkan nominasi untuk pemeran aktris utama terbaik dalam ajang Oscar 2015.

Trailer Wild

adventure film2. Tracks (2013)

Robyn Davidson, diperankan Mia Wasikowska, seorang perempuan yang ngotot ingin melakukan perjalanan sejauh 2735km menjelajahi gurun di Australia sendirian. Untuk menemani sekaligus membawa perlengkapannya, ia melatih tiga ekor unta dewasa dan seekor anjing peliharaan. Namun, Davidson  yang kekurangan dana akhirnya harus rela ‘menjual’ cerita perjalanannya pada majalah National Geographic. Sebagai konsekuensinya, perjalanan Davidson harus terganggu dengan seorang juru foto kiriman majalah tersebut yang pada akhirnya malah menjadi bagian dari kisah perjalanannya. Setelah cerita perjalanannya dirilis National Geographic, Davidson akhirnya memutuskan menulis sendiri kisahnya dalam buku Tracks: A Woman’s Solo Trek Across 1700 Miles of Australian Outback dan terbit pertama kali pada 1980. Sama seperti bukunya, hingga akhir film tidak dijelaskan alasan Davidson melakukan perjalanan.

Trailer Tracks

adventure film3. 127 Hours (2010)

Film besutan Danny Boyle ini juga diadaptasi dari sebuah buku catatan karya Aron Ralston, Between a Rock and a Hard Place. Yang masih diingat tentu pembawaan Ralston yang ceria, diperankan oleh James Franco, yang masih sanggup merekam ceritanya dalam sebuah video di tengah pilihan mati kelaparan atau memutilasi bagian tubuhnya. Dari film berdurasi 94 menit, banyak hal yang bisa diperhatikan. Mulai dari peralatan yang dibawa Ralston hingga caranya melakukan perjalanan tanpa membawa ponsel dan memberi tahu orang lain tentang tujuan perjalanannya. Meski sarat dengan pesan kehidupan, baik buku maupun filmnya tidak terkesan menggurui. Film yang cukup booming waktu rilis ini dinominasikan di enam kategori dalam ajang Oscar 2011.

Trailer 127 Hours

4. Seven Years in Tibet (1997)

Diperankan oleh Brad Pitt sebagai Hendrich Harrer, salah satu pendaki hebat di masa perang dunia kedua. Film berjudul sama dengan bukunya catatan perjalanan Harrer ini bercerita tentang pendakian ke Nanga Parbat yang berbuah mendekam di penjara selama tujuh tahun. Selama berada di Tibet, Harrer mencoba menjalani kehidupan baru, salah satunya dengan menjalin persahabatan dengan Dalai Lama. Sebelum ini, buku catatan perjalanan Harrer juga pernah diadaptasi menjadi film dengan judul sama yang rilis pada 1956. Seven Years in Tibet diganjar satu nominasi Golden Globe dalam kategori Best Original Score.

adventure film
Harrer bersama Dalai Lama.

Trailer Seven Years In Tibet

5. Into The Wild (2007)

Into The Wild juga jadi salah satu film bertema perjalanan yang banyak dikenal. Kisahnya sendiri disadur dari buku berjudul sama karya Jon Krakauer yang juga menulis Into Thin Air, kisah perjalanannya sendiri dalam pendakian maut Everest 1996. Film ini adalah biografi singkat dari Christopher ‘Chris’ McCandless. Di usianya yang baru memasuki awal 20an, McCandless memilih hidup di alam bebas dengan mengandalkan apa yang ada di alam hingga wafat beberapa bulan setelahnya. Penyebab kematian McCandless kini masih jadi misteri. Sebagian meyakini ia meninggal akibat kekurangan makanan, sedangkan isu lainnya menyatakan ia keracunan salah satu makanan yang biasa ia konsumsi. Di filmnya sendiri, perjalanan McCandless di berbagai medanlah yang lebih ditonjolkan.

Trailer Into The Wild

(uli/berbagai sumber)

Similar Posts