dokumenter petualangan di Indonesia

Cinema Vérité, Cinema Adventure

JAKARTA – Endah Wahyu Sulistianti, sudah tahunan bekerja di bidang dokumenter. Ia mengawali bekerja di Televisi Pendidikan  Indonesia, selepas mengikuti pendidikan dasar Wanadri, Endah  sempat bekerja empat tahun di RCTI untuk liputan perjalanan petualangan. Liputan yang mengangkat dunia petualangan adalah memperkenalkan Gua Jomblang bersama Cahyo Alkantana. Bagi Endah yang mengesankan adalah melakukan peliputan lukisan gua-gua  di Sangkulirang, Kalimantan.

Endah juga sempat bekerja di Eagle Award selama dua tahun. Ia menjelaskan bahwa dokumenter petualangan tidak pernah ada.  Ketika ditanyakan pendapatnya tentang dokumenter petualangan Indonesia yang paling baik, Endah mengakui tidak bisa memilih, karena pilihannya tidak banyak, dan kebanyakan adalah yang dibuat untuk televisi. “Emang orang Indonesia jarang bikin yang kalau di luar orang bikin memang bagian dari travel blog mereka,” ujarnya.

dokumenter petualangan di Indonesia
Endah menyeberang Danau Semayang Kalimantan Timur dalam Ekspedisi Kudunga. (dok Pribadi)

Ia sendiri mengakui bahwa kalau tidak di-order untuk acara televisi, dokumenter petualangan tidak akan dibuat. Ia menjelaskan bahwa ada pembuat dokumenter petualang seperti Rovina Mahullete yang juga anggota Wanadri, ketika Saleh Sudrajat terbang dengan trike dari Sabang sampai Merauke. Itu dibuat untuk dokumentasi organisasi sekaligus proyek tugas sekolah di IKJ jurusan sinematografi.

Endah menyarankan bagi  para petulangan yang ingin masuk ke dunia dokumenter untuk mempelajari cara bercerita. “Apalagi sekarang, tidak seperti dulu, kita harus punya kamera canggih, sekarang pakai handphone juga bisa buat dokumenter,”ujarnya. “Yang penting buat ceritanya dulu,” lanjut Endah mengingatkan karena biasanya pemula hanya sibuk ambil gambar dan ketika disusun menjadi cerita tidak bisa.

Endah saat ini menunggu penanyangan  liputan dan buku Ekspedisi Kudungga bersama Tempo Institute dan Total. Dikerjakan tahun lalu dengan tema menyurusi Kerajaan Kutai tua  di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. (ads)

Teaser Ekspedisi Kudungga

Similar Posts