Pendakian gunung mengejar ketinggian, dan 14 puncak diatas 8.000m menjadi kejaran. Reinhold Messner menjadi pendaki pertama yang menyelesaikannya. Kini para pendaki mengejar pendakian 8.000meter pada musim dingin. Berikut bagian pertama kisah upaya pendakian musim dingin gunung 8.000 terakhir, K2 di kawasan Concordia, Pakisktan yang dirangkum Yoseph Wihartono.

Jakarta  – Pada awal Januari 2018, Tim Pendaki Polandia berencana untuk memuncaki K2 pada musim dingin. Pendakian ini adalah suatu upaya menyelesaikan tantangan winter ascent 8000ers yang dimulai oleh tim pendaki Polandia 38 tahun yang lalu ketika pertama kali memuncaki Everest pada musim dingin 1980. Tiga belas gunung 8000ers telah dipuncaki saat musim dingin dan hanya menyisakan K2 sebagai gunung berketinggian 8000 terakhir yang belum pernah dipuncaki saat musim dingin. Seperti sebelum-sebelumnya, upaya penaklukan K2 selalu diiringi oleh drama dan ambisi, begitupula dalam pendakian tim Polandia kali ini terjadi drama tak terduga.

Pendakian ini dipimpin oleh Krzysztof Wielicki, orang kelima yang menyelesaikan mendaki 14 puncak 8000ers, ia adalah orang pertama yang mendaki Everest pada musim dingin dan pada 1986 bersama Jerzy Kukuczka menjadi yang pertama mendaki Kangchenjunga (8.586) pada musim dingin. Kukuczka adalah orang Polandia yang pernah mendaki K2 dengan gaya alpine style melalui rute polish line, rute yang dijuluki suicide route karena sangat berbahaya. Tak ada yang pernah mencoba kembali melewati rute tersebut hingga kini.

Drama Pendakian K2

K2 selalu menyimpan drama dalam sejarah pendakiannya. Ekspedisi pertama pendakian K2 pada 1902 diikuti oleh Aleister Crowley (Tokoh okultisme yang wajahnya muncul di album The Eagles – Hotel California dan menjadi judul terkenal dalam lagu metal Black Sabbath – Mr. Crowley), mengeluarkan revolvernya dan mengancam anggota tim ekspedisi yang tidak sepaham dengannya, ekspedisi ini diakhiri dengan kegagalan. ”Neither man nor beast was injured”, begitu pendapat Crowley selepas kegagalannya di K2,

K2 adalah gunung cantik berbentuk nyaris menyerupai piramida yang mampu menarik banyak perhatian pada masa itu, Luigi Amedeo seorang aristokrat dengan gelar The Duke of The Abruzzi dari Italia pun rela meninggalkan kursi nyaman kerajaan untuk datang jauh-jauh dalam upaya menaklukan gunung ini meskipun berakhir dengan kegagalan. “I guess that if anyone manages to do the trick, they will be no alpinists, but aviators”, begitu pernyataan Duke of Abruzzi mengenai K2.

Lebih dari setengah abad setelah Crowley pertama kali berupaya mendaki K2, barulah pada 1954 akhirnya K2 berhasil ditaklukan oleh tim Italia dalam ekpedisi yang dipimpin oleh Ardito Desio (Seorang Prof. Geologi dan sepupu The Duck of Abruzzi).

Reinhold Messner dan Walter Bonatti sebelum Bonati meninggal pada usia 81 tahun (2011). Dua pendaki terkemuka dunia. (dok www,revistaoxigeno.com)

First ascentnya pun menyimpan drama ketika Lacedelli dan Compagnoni saling tuduh menuduh dengan Walter Bonatti, anggota tim pendukung pendakian. Dengan sengaja Lacedelli dan Compagoni yang mendaki lebih dahulu mendirikan camp di tempat yang lebih tinggi di luar kesepakatan sehingga dua pendaki yang menyusul tak mampu mencapai dan bermalam di tenda yang mereka dirikan.

Terlalu gelap bagi Bonatti dan Mehdi, dua pendaki yang menyusul, untuk tetap melanjutkan pendakian hingga mencapai tenda mereka, namun turun di malam hari pun sangat berbahaya. Bonatti dan Mehdi terjebak dan terpaksa membangun bivak untuk bermalam di atas ketinggian 8000 mdpl sehingga Mehdi pun mengalami frosbite pada kedua kakinya.

Hal tersebut dilakukan dua pendaki utama karena Bonatti dan Mehdi dituduh ingin mensabotase oksigen untuk menggagalkan Lacedelli dan Compagnoni, padahal merekalah sebenarnya yang sengaja mendiirikan tenda di luar kesepakatan karena khawatir Bonatti dan Mehdi mencapai puncak dengan oksigen tersebut. Tuduhan tersebut menyebabkan Bonatti sempat diasingkan dalam komunitas pendakian selama puluhan tahun.

Setengah abad kemudian Lacedelli membuka kebenaran yang ia tutupi bahwa Bonatti tidak bersalah atas semua tuduhan tersebut. First ascent K2 menumbalkan reputasi Bonatti.

Setelah itu, K2 baru berhasil ditaklukan kembali 23 tahun kemudian pada 1977 oleh tim pendaki Jepang beserta 1.500 porter yang dibawa. [OCI]

FOTO UTAMA:

K2 pada musim dingin belum pernah didaki hingga hari ini.  (dok. www.gripped.com)

Similar Posts