Jakarta – K2 (8.611m) gunung tertinggi kedua setelah Everest berhasil dituruni menggunakan ski.  Pendaki Polandia,  Andrzej Bargiel, berhasil menjadi orang pertama menuruni K2 dengan ski pada Minggu 22 Juli lalu. Tahun lalu Andrzej Bargiel  terpaksa membatalkan pendakian K2 karena cuaca hangat dan medan berbahaya. K2 merupakan gunung yang sulit dan berbahaya. Namun awal pekan ini, Andrzej Bargiel berhasil mencapai puncak dan memasang skinya langsung turun.

Bargiel membutuhkan tiga hari sejak 19 Juli lalu meninggalkan kemah induk menuju puncak. Lepas siang Bargiel mulai mendaki ke kemah dua, keesokannya bersama kru ia pindah ke kemah tiga.  Baru pada 22 Juli ia mencapai puncak pukul 11;30 waktu setempat. Keberhasilan yang didukung oleh saudaranya Bartłomiej, dan rekan-rekannnya, Janusz Gołąb, Piotr Pawlus, serta Marek Ogień. Tim ini dibantu para Sherpa yang sangat ahli.

Bargiel menjadi orang ke-13 dari Polandia yang mencapai puncak K2. Ia juga orang pertama yang berhasil turun dengan ski dari puncak. Pada 2001, pendaki Italia, Hans Kammerlander membatalkan upayanya turun setelah gagal menyelamatkan pendaki Korea Selatan. Pada 2009, pendaki Italia lainnya gugur ketika mencoba ski turun bersama pendaki Swedia, Fredrik Ericsson. Ericsson sendiri gugur saat menuju puncak pada tahun 2010 ketika mencoba mengulangi aksi turun dengan ski.  Dave Watson dari Amerika Serikat berhasil turun namun bukan dari titik puncak, melainkan dari 8,350m.

K2 disebut tersulit karena dari sejak pertama berhasil didaki tahun 1954      baru 300 yang mencapai puncak dan 77 meninggal. (ads/sumber: Telegraph; redbull.com)

Foto Utama:

Andrzej Bargiel saat melewati bebatuan. Pada 22 Juli 2018 ia berhasil menuruni Puncak K2 dengan ski dan menjadi orang pertama yang berhasil melakukan ini. (Mark Ogien/Red Bull Content Pool)

Similar Posts