taman nasional gandang dewata

MAMASA – Gunung Gandang Dewata di Pegunungan Quarles, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, segera diresmikan menjadi Taman Nasional baru. Rencana peresmian dan deklarasi akan dilaksanakan bertepatan dengan HUT Sulawesi Barat pada 22 September 2016 mendatang. Gandang Dewata akan menjadi Taman Nasional ke-53 setelah sebelumnya pada Juli lalu Taman Nasional Zamrud di Kepulauan Riau lebih dulu diresmikan.

Persiapan peresmian sudah terlihat pada jauh hari. Pada akhir Agustus lalu, 12 orang Polisi Hutan sudah mengunjungi Gandang Dewata untuk melakukan survey lapangan dan dokumentasi kawasan pegunungan seluas 79.342 hektar itu untuk dipamerkan saat peresmian nanti. Bahkan jajaran pemerintahan di Sulawesi Barat langsung memantau persiapan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh.

Peningkatan status konservasi Gandang Dewata menjadi Taman Nasional adalah upaya untuk melindungi kawasan dengan tingkat keberagaman, keaslian, dan keunikan yang sangat tinggi. Penelitian LIPI pada 2013 lalu menunjukkan bahwa Gandang Dewata adalah habitat bagi sejumlah spesies burung endemik, bahkan ditemukan sejumlah spesies baru yang perlu terus dijaga.

Sementara bagi warga lokal, Gandang Dewata masih dipandang keramat sehingga tidak boleh dirambah secara sembarangan. Pandangan seperti ini yang membuat Gandang Dewata terkenal sangat asli dan jarang didatangi oleh manusia. (firman arif)

Similar Posts