T3 Ultimate

JAKARTA – Lebaran ini Jakarta sedang disiapkan hadiah istimewa. Terminal baru Bandara Soeta sedang sibuk mempersiapkan diri. Menurut Budi Karya Sumadi, Direktur Angkasa Pura II, terminal baru akan melayani penumpang domestik dan persiapan konstruksi sudah 99%. Demikian diungkapkan Budi Karya kepada Detik.com, saat soft launching buka puasa bersama Sabtu 4 Juni 2016, di kawasan Gate 4.

terminal baru bandara soetta
Para pekerja mendapatkan taklimat dan berdoa sebelum melaksanakan tugasnya. (koleksi Adriatik Harisnanda)

Terminal terbaru bandara Soeta mencapai 422.804 meter persegi yang terdiri dari bangunan terminal seluas 331.101 m2, gedung parkir 85.578 meter persegi, dan gedung VVIP 6.124 meter persegi. Dilihat dari kacamata awam, bangunan baru di sisi timur laut seperti tidak ada habis-habisnya. Dari sisi masuk dan sisi keluar ke pesawat seluruh dinding berbalut kaca. Bentuknya tidak sekadar persegi tegak, tetapi lengkung dan menggantung.

Terminal baru bandara Soeta
Pada bagian yang menggantung digunakan perancah khusus yang dapat dimiringkan. (koleksi Adriatik Harisnanda)

Dari satu sisi menggantung di sisi lawannya melandai tentu saja. Mempersiapkan terminal setelah hinggar binggar pembangunan tentu perlu bersih-bersih. Debu menyelimuti kaca dan ini menjadi tugas pekerja di ketinggian. Kerja di ketinggian adalah bagian dari kegiatan panjat tebing. Di Indonesia dikoordinir oleh Asosiasi Rope Access Indonesia (ARAI). Menggunakan teknik pengamanan panjat tebing untuk mencapai titik-titik tinggi. Teknik dari ARAI ini yang digunakan pekerja sub kontrak AP II.

Bersambung dengan Terminal 3 yang sudah beroperasi, terminal baru disebut Terminal 3 Ultimate atau T3U. Budi Karya menjelaskan bahwa terminal sudah selesai, “Nanti proses simulasi dan klarifikasi, kami harapkan akan selesai pertengahan bulan ini dan kami operasikan pada pertengahan bulan ini juga,” demikian dikutip Detik.com oleh Dana Aditiasari. (ads/detik.com/berbagai sumber)

Foto utama: koleksi Adriatik Harisnanda

 

Similar Posts