tafisa 2016

Rumah Terlantar Keluarga Olahraga Masyarakat

ANCOL – Selama sepekan berbagai olahraga yang tidak masuk di Olympic Games, dimainkan di Taman Impian Jaya Ancol. Dari 6 hingga 12 Oktober, panjat tebing, orienteering, parcour, serta olahraga masyarakat lainnya berkiprah. Ada yang bertanding dan lainnya diperagakan.

Dekat Pasar Seni Ancol, di sebelah barat dayanya, pertandingan burpee, plank, dilangsungkan. Di sebelahnya tempat start orienteering, berlari mencari lebih dari dua puluh titik untuk kembali ke finish. Dekat Pantai Carnival, di Mall Ancol, terdapat dinding panjat untuk lomba boulder, panggung besar untuk B-Boys atau dua dekade lalu disebut break dance. Di hadapan panggung ada tumpukan kotak kayu, palang besi, dan sekelompok pemuda, berlari, melompat, menyusup dan salto di udara. Ini pertunjukan parcour atau sekarang disebut free running. Di dekatnya tersedia lapangan berlagak bagi skateboard dan sepeda BMX.

TAFISAA 2016
Parcour olahraga ekstrim dari Perancis yang sekarang disebut juga Free Running. (adiseno)

Pesta olahraga masyarakat ini adalah The Association For International Sport for All (TAFISA). Gelaran acara yang sudah diselenggarakan sejak 1992, dengan organisasi berdiri setahun sebelumnya. Gelaran terbesar festival yang ingin mempertahankan olahraga dan permainan tradisional pada 2008 di Busan, Korea, dengan 8000 peserta.

Sayangnya gelaran di Ancol tidak terlalu bergaung. Sampai pembukaan saja, lapangan untuk skateboard dan BMX serta parcour belum selesai. Tidak semua mendatangkan peserta internasional, dan para pelaksana lomba kerap mengeluhkan koordinasi untuk dukungan makan, penginapan baik bagi panitia, para juri dan hakim serta peserta tidak terdukung dengan tepat waktu. Sebagai rumah bagi olahraga tradisional, saat bertandang ke Indonesia, sayangnya masih belum terbangun lengkap. (adiseno)

TAFISA 2016
Tafisa 2016 di arena olahraga tantangan dan petualangan menjadi ajang untuk anak muda menunjukan kebolehannya seperti pada Freestyle sepak bola (adiseno)

Foto utama: BMX Flatland termasuk olahraga masyarakat yang dipertunjukan di TAFISA 2016, Ancol Jakarta (adiseno)

Similar Posts