sertifikasi pemandu gunung

BOGOR – Asosiasi  Pemandu Gunung Indonesia (APGI) bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pramuwisata Indonesia  (LSP Pramindo) menyelenggarakan program sertifikasi pemandu gunung Indonesia. Kegiatan berlangsung di Gunung Geulis Camp, Bogor pada 23 Juni 2016. Asesmen dilakukan oleh empat asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang juga pendaki gunung dan pemandu gunung.  Steven Liwe, Rachmat Sofyan yang dikenal luas dengan panggilan Asep, Ridwan Hakim dan Adiseno menjalakan asesmen terhadap lebih dari 40 peserta.

Dalam skema pemandu wisata gunung yang telah disetujui  BNSP, terdapat lima tingkat pemandu gunung, yakni Muda, Madya, Ahli, Alpine, dan Gunung Salju. Pada kali pertama asesmen sertifikasi ini peserta dibatasi untuk Muda, Madya dan Ahli.  Menurut Stiven Drive Liwe yang juga Bidang Teknis APGI, sertifikasi pemandu gunung Alpine dan Gunung Salju masih terkendala beberapa kompetensi inti yang terkait medan salju, di mana tenaga ahli untuk itu belum dimiliki APGI dan harus didatangkan dari luar negeri.

sertifikasi pemandu gunung
Penyampaian review penyelenggaraan oleh asesor saat penutupan.

Penyelenggaraan sertifikasi ini menjadi yang pertama dalam lingkup BNSP. Pada akhir dekade 90an Dinas Pariwisata DKI pernah menyelenggarakan sertifikasi untuk Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) khusus mengenai pemanduan pendakian. Salah seorang peserta masa itu Ripto Mulyono kali ini juga menjadi peserta sertifikasi.

Pejabat BNSP yang melakukan pemantauan pada penyelenggaraan sertifikasi perdana di Indonesia ini menyatakan puas dengan penyelenggaraan. Beberapa saran secara terbuka disampaikan agar pelaksanaan asesmen oleh para asesor lebih mengikuti alur petunjuk pelaksanaan. “Jangan lompat-lompat sebelum selesai satu bagian,”ujar Martin.

Ronie Ibrahim ketua APGI pada penutupan menyatakan bahwa penyelenggaraan perdana ini memiliki nuansa sentimental karena sudah sejak 2009 kompetensi profesi disusun dan baru tujuh tahun kemudian sertifikasi bisa dijalankan. Ronie menegaskan bahwa setelah ini APGI akan menyelenggarakan sertifikasi ke daerah daerah untuk menuntaskan tugas.(ads)

Similar Posts