Jakarta – Tim  Adventure Carstensz dan Yayasan SOMATUA yang dikelola Maximus Tipigau baru-baru ini melakukan aksi angkat sampah di kawasan Lembah Danau-Danau, Taman Nasional Lorentz. Kawasan perkemahan kaki Pegunungan Jayawijaya dengan puncak Carstensz Pyramid (4.884m) banyak disambangai wisatawan pendaki. Mereka menyasar ke gunung tertinggi di benua Australasia, Salah satu dari Seven Summits dunia.

Sampah di kaki Carstensz Pyramid, Taman Nasional Lorenz sebelum aksi pembersihan Tim Adventure Carstensz dan Yayasan SOMATUA (dok. Maximus Tipigau)

Para pendaki mencapai kawasan Lembah Danau-Danau dan Lembah Kuning untuk dijadikan kemah induk. Dari lokasi itu mereka mendaki Carstensz dalam satu atau dua hari. Pencapaian ke kaki gunung dilakukan melalui perjalanan setapak dari Sugapa, Ilaga, Beoga, Tsinga dan berbagai kampung Kecamatan yang memiliki pelabuhan udara perintis. Biasanya perjalanan berlangsung satu minggu atau kurang untuk satu arah. Bisa juga menggunakan jasa helikopter dari Nabire di utara, atau Timika di Selatan.

Kunjungan ini yang butuh waktu beberapa hari jika menggunakan helikopter drop, atau beberapa Minggu jika berjalan kaki dari desa seputar gunung. Akibatnya logistik pendaki cukup banyak dan sampah pun menumpuk.

Tindakan pembersihan ini memang baik dan terjadi di mana-mana,termasuk juga di Taman Nasional Sagarmatha di mana Everest gunung tertinggi bumi berada. Solusi sampah sampai sekarang belum berhasil tertanggulangi oleh modus pembersihan berkala ini (adiseno)

Foto Utama:

Pelaku pembersihan anggota Tim Adventure Carstensz dan Yayasan SOMATUA di kaki Carstensz Pyramid merupakan masyarakat lokal Papua dengan seorang konsultan berkebangsaan asing mendampingi (dok. Maximus Tipigau)

Similar Posts