Jakarta – Raflesia yang diduga jenis baru ditemukan di Provinsi Bengkulu. Raflesia, bunga raksasa menjadi kebanggaan dan ikon Bengkulu, temuan terbaru ini berwarna putih. “Warga desa kita atas nama Anggi yang pertama menemukan,” jelas kepala desa (kades) Pagar, Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma.

Bunga tersebut ditemukan pertama kali oleh pemuda di desanya yang saat itu pergi ke kebun yang berjarak sekitar 300 meter dari permukiman warga desa. Di lokasi itu, lanjut kades sebagaimana dilaporkan Sepriandi,  Bengkulu Pos, baru ada satu bunga yang mekar namun terdapat sekitar sepuluh bongkol bunga yang kemungkinan juga akan mekar dalam beberapa waktu kedepan.

Penemuan Raflesia dengan warna putih diunggah ke sosial media hingga menimbulkan ketertarikan wisata dan peneliti. Warga Desa Pagar merencanakan membangun jalan untuk memudahkan wisata. (dok. Bengkulu Pos)

Sementara kantor berita Antara melaporkan, penemu dua jenis Rafflesia sp dari Jurusan Kehutanan Universitas Bengkulu, Agus Susatya, meneliti keunikan bunga Rafflesia berwarna putih ini. “Belum pernah ditemukan bunga Rafflesia berwarna putih, jadi ini sangat penting untuk diteliti,” kata Susatya, di Bengkulu, Senin (2/7).  Agus Susatya, mengetahui ini dari sosial media penggemar Rafflesia.

Saat ini, teridentifikasi lima jenis Rafflesia sp di wilayah Bengkulu, yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti, Rafflesia bengkuluensis, dan yang terbaru, Rafflesia kemumu, yang baru ditemukan pada pertengahan 2017. “Kalau ternyata ada perbedaan dengan lima jenis lain Rafflesia yang sudah lebih dulu teridentifikasi maka bisa ditemukan spesies baru,” kata Agus. (ads/berbagai sumber)

Foto Utama

Bunga Raflesia dengan seluruhnya berwarna putih ditemukan di Desa Pagar, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu akan diteliti untuk mengetahui apakah jenis baru (dok. Bengkulu Pos)

Similar Posts