JAKARTA – Hujan lebat diperkirakan akan turun di wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan antara tanggal 17-20 Juni 2016. Informasi ini disampaikan oleh Dr. Yunus  Swarinoto selaku Deputi Bidang Meteorologi – BMKG pada Jum’at (17/6) melalui akun twitter resmi BMKG di @infoBMKG.

Prediksi cuaca ini didasarkan atas tinjauan kondisi atmosfer yang menunjukkan potensi hujan lebat. Antara lain suhu muka laut yang hangatnya masih di atas normal, masuknya aliran massa udara basah dari Samudera India, dan lemahnya aliran massa udara dingin dari Australia.

“Adanya perlambatan, pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan kondisi atmosfer tidak stabil. Sehingga berpotensi menimbulkan petir dan angin kencang.” Tulis Dr. Yunus di dalam rilis resminya.

Peringatan tentang cuaca ini terus dilakukan kepada masyarakat luas melalui akun twitter @infoBMKG dan terus diperbaharui setiap saat. Masyarakat dapat memantau terus kondisi cuaca terkini beserta peringatannya melalui akun tersebut atau dapat menghubungi call center di 021654315/18. (fir/ sumber: twitter @infoBMKG)

Similar Posts