pembongkaran plang segara anak

JAKARTA – Protes netizen atas pemasangan plang besi di Taman Nasional Gunung Rinjani berbuah hasil. Gubernur NTB memutuskan untuk membongkar plang besi di depan Segara Anak. Pada Sabtu (25/6) sebanyak 30 orang anggota tim pembersih dikirim oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB melalui rute Sembalun. Kadis Budpar, Muhammad Faozal juga mengatakan ada 30 orang tim pembersih yang berangkat dari Senaru untuk membantu proses pembongkaran dan membersihkan jalur pendakian. Plang besi pun berhasil diturunkan pada Senin (27/6).

plang segara anak
Inisiatif Balai Taman Nasional Gunung Rinjani memasang photobooth diprotes oleh banyak pihak.

Plang besi sepanjang 10 meter bertuliskan Segara Anak Lake ini diinisiasi langsung oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani untuk meningkatkan kunjungan ke Gunung Rinjani. Sebelumnnya, Balai TNGR menolak untuk membongkar plang besi yang menghabiskan dana lebih dari Rp80juta dalam proses pembuatannya. Photo booth tersebut menurut Musthofa Lubis, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNGR, telah direncanakan sejak 2015. “Dari segi lokasi kita sudah survei, titik yang diambil dan lain sebagainya,” ujar Lubis.

Menurutnya, pemasangan photo booth tidak akan mengganggu pemandangan maupun ekosistem di Gunung Rinjani, tapi akan menarik pengunjung. Sayangnya ide ini dianggap buruk oleh banyak netizen hingga dibuatkan petisi pembongkaran. Proses pemasangan plang besi juga diakui Faozal tanpa koordinasi lebih dulu dengan Dinas Budpar. (uli/sumber: radarlombok.co.id)

Similar Posts