tebing el topo

JAKARTA – Sebagian besar orang menganggap bahwa memanjat tebing tinggi berhari-hari akan terasa membosankan. Apalagi jika memutuskan untuk bermalam di sisi tebing. Rasa bosan dan istirahat yang tidak nyaman di Portaledge adalah hal yang dibayangkan. Namun tidak bagi Jacob Cook dan Ian Cooper. Pemanjat asal Inggris ini menunjukkan bahwa pemanjatan berhari-hari dan istirahat di sisi tebing juga bisa dibuat menyenangkan.

Cook dan Cooper memanjat El Topo yang memiliki tingkat kesulitan 5.13a setinggi 1.000 kaki dalam waktu enam hari dengan total 14 pitch. Ini merupakan first ascent continuous pertama yang dilakukan di El Topo, Lembah Verdon, Perancis. Menyadari akan lamanya waktu yang mereka habiskan berdua di sisi tebing, maka mereka mulai berpikir untuk mencari sesuatu yang menyenangkan untuk menghilangkan rasa bosan.

Pertengahan musim panas di tebing El Topo akan disininari matahari hingga pukul 2 siang dan suhu bisa mencapai 95°, tidak mungkin memanjat batuan granit dalam kondisi sepanas itu. Praktis mereka harus menunggu matahari melewati garis lurus kepala dan berdiam lama di Portaledge. Kondisi seperti ini mirip dengan kondisi pantai yang kering dan panas. Cook dan Cooper akhirnya memutuskan untuk membawa perlengkapan pesta a la Hawaiian lengkap dengan segala detailnya. Mereka rela meng-hauling barang-barang ini disamping perlengkapan pemanjatan dan perlengkapan istirahat.

“Ya, bahkan kami memiliki musik player lengkap dengan playlist yang sudah diatur. Bahkan kami memutar lagu reggae setiap pagi hingga kami menyebutnya reggae time,” jelas Cook ketika ditanya perihal ide berpesta di sisi tebing.

Kondisi nyaman dan rasa bahagia bukanlah sesuatu yang datang dengan sendirinya. Keduanya harus diciptakan. Selama ada kemauan untuk menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan, maka selama itu keduanya bisa didapatkan. Termasuk di dalam kegiatan alam bebas seperti panjat tebing. Kenyamanan dan kebahagiaan harus diciptakan di dalam tahap perencanaan. Tujuannya tentu demi meningkatkan prosentase tingkat keberhasilan. (fir/ sumber: Climbing.com.)

Similar Posts