pasang lhamu sherpa

JAKARTA – Pengumuman People’s Choice Adventurers of Year 2016 berhasil menempatkan satu nama di luar nama-nama populer yang hilir-mudik di telinga para pencinta kegiatan luar ruang. Seorang perempuan dari suku Sherpa di Nepal bernama Pasang Lhamu Sherpa Akita adalah penerima penghargaan tersebut untuk tahun ini. Ia adalah seorang pendaki gunung asal Nepal yang kini memasuki usia 31 tahun.

pasang-yala-peak-yangtang_94049_600x450Pasang Lhamu dirasa merepresentasikan seorang petualang yang lengkap. Ia tidak hanya melakukan kegiatan luar ruangan dalam hal ini mendaki gunung, tetapi juga melakukan kegiatan kemanusiaan seperti turun langsung memberi bantuan saat bencana gempa bumi menimpa Nepal pada 25 April 2015, hingga memberikan pendidikan kepada perempuan dan anak-anak. Sehingga tepat rasanya jika ia bahkan menyingkirkan nama beken seperti Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson.

Penghargaan Adventurers of The Year 2016 diselenggarakan oleh National Geographic Society. Mekanismenya adalah melalui voting setiap hari mulai Oktober 2015 hingga 31 Januari 2016. Nama Pasang Lhamu masuk pada 13 November 2015 dan segera menjadi viral di media pemberitaan Nepal.

“Masuknya Pasang Lhamu ke dalam nominasi Adventurer of the year rasanya adalah satu-satunya berita bagus di Nepal tahun ini,” Ujar Direktur dZi Foundation Nepal. Pada 2015 Nepal memang mengalami beberapa peristiwa seperti gempa yang meluluhlantakan Kathmandu hingga desa di dekat Basecamp Everest. (fir/ sumber: nationalgeographic.com)

Similar Posts