Perempuan pertama pendaki everest

JAKARTA – Junko Tabei, perempuan pertama yang berhasil mencapai Everest dilaporkan meninggal dunia pada usia 77 tahun menurut penuturan keluarganya. Seperti diberitakan BBC, Tabei meninggal setelah berjuang melawan kanker perut sejak didiagnosa 4 tahun lalu di rumah sakit di Kota Saitama, Jepang pada Sabtu (22/10).

Perempuan pertama pendaki everestTabei merupakan perempuan pertama yang berhasil mencapai Puncak Everest pada tahun 1975. Kala itu usianya masih 35 tahun, kondisi fisiknya masih sangat bugar. Tak berhenti di Everest, pada 1992, perempuan asal Jepang itu berhasil menapaki puncak-puncak tertinggi di tujuh benua atau yang lebih dikenal dengan istilah Seven Summit.

Pada tahun 2012, lewat Japan Times, Tabei mengapresiasi media yang memberikan perhatian terhadap prestasi yang didapatkannya. Menurut Tabei, pada 1970-an hanya laki-laki yang dianggap pantas bekerja di luar rumah, sementara perempuan hanya di dalam rumah. Kalaupun bekerja, paling hanya sebatas menyuguhkan teh untuk tamu.

Pendakian terakhir Tabei dilakukan pada bulan Juli lalu bersama siswa SMA ke Gunung Fuji setelah terkena dampak gempa bumi dan Tsunami Jepang. Junko Tabei sendiri berasal dari Fukushima, daerah terdampak bencana yang terhitung parah. (fir/ sumber: BBC)

Similar Posts