Jakarta –  Para penyelam goa  telah berhasil mengeluarkan 12 pesepakbola dan pelatihnya pada hari ke 17 setelah mereka terjebak. Para remaja dari klub sepakbola di Chiang Rai pada Sabtu (23/6) usai berlatih hendak merayakan ulangtahun rekannya. Mereka berwisata ke Goa Tham Luang dan terjebak oleh permukaan air yang naik.

Salah seorang rekan anggota klub yang bernama Babi Hutan ini tidak serta hingga para keluarga mengetahui bahwa mereka terjebak di goa Proses pencarian dan penyelematan mereka pun mulai dari Minggu (24/6) Setelah sembilan hari pencarian dua penyelam dari Britania Raya berhasil mencapai mereka. Baru enam hari kemudian empat remaja berhasil dipandu keluar. Pada Senin (9/7) empat lainnya berhasil dikeluarkan. Dan Selasa (10/7) ini seluruh remaja dan pelatih berhasil dibawa keluar.

Konfirmasi berita ini diketahui media dari sosial media milik SEAL Thailand yang menjadi bagian dari operasi internasional. Ribuan relawan membantu operasi penyelamatan. Pihak masyarakat membantu dengan pasokan bahan makan dari dapur umum. Tentara dan relawan SAR dari berbagai negara mendukung upaya antara memompa air keluar dari goa, menyediakan penerangan dan sambungan komunikasi setelah korban ditemukan. Memasok tabung oksigen untuk operasi evakuasi.

Operasi evakuasi sendiri dilaksanakan 90 penyelam. 40 anggota tentara angkatan laut Thailand dan 50 adalah penyelam goa kelas dunia. Para penyitas satu persatu dibimbing oleh dua penyelam. Penyitas menggunakan masker muka dan tabung oksigen dibawakan oleh salah seorang penyelam. Proses pengeluaran yang melalui lorong sempit penuh air diperhitungkan berlangsung 10jam untuk menempuh empat kilometer.

Semua ini telah berhasil dijalankan dan para penyitas sudah berada di lantai delapan rumah sakit utama di Chiang Rai. Mereka dikabarkan dalam keadaan sehat. (ads/berbagai sumber)

Foto Utama:

Para remaja penyitas Goa Tham Luang yang keseluruhannya berhasil diselamatkan saat masih berada di ruang goa dimana mereka terjebak empat kilometer dari mulut goa (dol. BBC/ Getty Image)

Similar Posts