outfest surabaya

SURABAYA – Gelaran pameran kegiatan alam IIOutfest Surabaya menampilkan Asmujiono, pendaki Everest asal Indonesia pertama. “Saya bersyukur bisa ketemu semua disini,” ujarnya. “Saya buka yang selama ini belum diungkapkan,” lanjutnya. Asmujiono menceritakan ia sebetulnya disuruh turun, tetapi ia memaksakan terus naik.

“Rahasia Everest terungkap karena saya memaksakan diri,” jelasnya. Asmujiono bukan menyatakan Everest memiliki misteri, tetapi maksudnya orang Asia Tenggara dianggap tidak bisa mencapai gunung tertinggi bumi karena dari kawasan tropis dataran rendah. Keberhasilannya menepis anggapan itu.

Muhammad Gunawan atau Ogun rekan satu tim yang mendampingi Asmujiono pada acara talkshow sempat haru mengenang saat Asmujiono turun dari Everest.

“Sampai puncak jam tiga lewat dua puluh,” tutur Asmujiono. Akibat terlalu sore, Asmujiono bermalam diketinggian 8.200meter. Semua rekan khawatir menanti kabar di kemah induk. “Kami semalam tidak tidur, terus berdoa,” kenang Ogun.

Cukup banyak peminta acara yang digelar malam, beberapa jam sebelum penutupan. Outfest adalah seri pameran dan pasar serta ajang kumpul pegiat alam. “Saya senang sekali melihat komunitas ngumpul, yang tua tua guyub,” ungkap Ronie Ibrahim penggagas IIOutfest kepada OCI (outdoorcafeindonesia.com). (adiseno)

Foto utama: Acara talkshow pendakian pertama Indonesia pada Mei 1997 oleh summiter Asmujiono didampingi Ogun, Adiseno, dan moderator Fiona. (dok. Ridwan Hakim)

Similar Posts