atlet panjat Indonesia untuk Olimpiade

JAKARTA – Panjat Tebing tampil di TAFISA 2016 dengan Boulder. Beda dengan panjat tebing yang biasa menggunakan tali untuk pengaman, boulder tanpa tali. Jalur panjat tidak tinggi dan di dasar terhampar matras tebal. Pemanjat bisa jatuh dan tidak cedera karena tertahan tebalnya karet busa berlapis kain terpal.

pengertian boulder
Pada bagian atas jalur pendek F3 terlihat tanda kuning sebagai penanda akhir jalur yang harus dipegang dengan dua tangan (adiseno)

Dalam bahasa resmi, boulder adalah jalur pendek. Jalur terdiri dari beberapa pegangan dan pijakan dan tebing buatannya tidak tinggi tetapi melebar. Jalur ditandai untuk tumpuan awal, di bagian tengah terdapat pegangan bertanda garis kuning, dan di puncak juga ada pegangan akhir.

Menonton boulder sama dengan menyaksikan loncat indah, senam lantai, gerak indah penuh tenaga. Melalui jalur bisa dengan melompat, jungkir balik, dan gerakan-gerakan keseimbangan yang indah.

Para pemanjat harus mengawali dari titik yang ditandai sebagai awal. Kadang kala tanda ditentukan sisi tangan, atau kaki mana yang harus menumpu. Seorang juri akan menjelaskan pada atlet panjat. Pegangan ditengah jika berhasil digunakan pemanjat akan menghasilkan nilai. Pegangan disebut bonus. Pegangan puncak harus dipegang atau disentuh dengan kedua tangan.

Di lebar tebing buatan boulder dapat disusun empat atau lebih jalur pendek. Setiap pemanjat harus mencapai puncak dalam batas waktu biasanya empat menit. Dalam upaya mencapai puncak Jika dalam satu kali mencoba sudah memuncak dan memegang bonus maka dapat nilai tertinggi. Nilai makin kurang jika dalam empat menit pemanjat baru mencapai puncak setelah percobaan lebih dari satu kali.

Seluruh jalur harus dicoba dalam jumlah panjat terawal. Total jumlah puncak atau top dan bonus yang dicapai menentukan pemenangnya. (ads/IFSC Rules 2016)

Foto utama: Jalur pendek atau boulder memiliki tanda F1 yang artinya jalur pertama, dan garis kuning di kaki pemanjat Syarifah dari DKI Jakarta adalah titik start. (adiseno)

Similar Posts