JAKARTA – Pendakian menuju Gunung Gede dan Pangrango akan kembali ditutup mulai 31 Desember 2016. Penutupan ini berlaku untuk semua jalur masuk resmi menuju dua gunung tersebut, antara lain Jalur Cibodas, Gunung Putri, dan Salabintana penutupan akan berlangsung hingga 31 Maret 2016.

tnggp ditutup
Pendakian hingga Air Terjun Cibereum masih tetap dibuka untuk umum.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, akhir tahun hingga kuartal pertama tahun berikutnya jalur pendakian di kawasan Taman Nasional tersebut selalu ditutup untuk tujuan pemulihan ekosistem. Sebab sepanjang tahun, kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango selalu ramai oleh pengunjung, sehingga beban ekosistemnya sangat berat. Selain itu, penutupan juga bertujuan untuk merenovasi sejumlah fasilitas yang ada. Desember hingga Maret juga sudah memasuki musim hujan yang sangat berbahaya bagi pendaki.

“Penutupan jalur pendakian ini sudah rutin setiap tahun. Ada bulan-bulan yang ditutup untuk memberikan kesempatan kepada alam untuk recovery.” Kata Suyatno Sukandar, Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Kendati ditutup, pengunjung masih diperbolehkan beraktivitas dan melakukan kegiatan hingga Air Terjun Cibeureum. Selain itu, tempat berkemah di sepanjang kaki gunung seperti Bumi Perkemahan Mandalawangi dan Situ Gunung tetap dapat dikunjungi sebagai alternatif menghabiskan hari dengan suasana sejuk pegunungan. (fir/ sumber: kompas.com)

Similar Posts