geopark di Indonesia

JAKARTA – Pendakian Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat kembali dibuka. Tapi, kali ini ada beberapa ketentuan tambahan. Balai Besar Taman Nasional Gunung Rinjani membuka pendakian ke Gunung Rinjani pada Jum’at (2/12) namun terbatas hingga lokasi yang diizinkan.

Pendakian yang dilakukan dari jalur Senaru hanya diperbolehkan sampai Pelawangan Senaru, sedangkan pendakian dari jalur Sembalun batasnya adalah hingga Pelawangan Sembalun. Begitu pula untuk dua jalur pendakian lain yakni Air Berik yang hanya diizinkan hingga Pelawangan Batu Belah dan jalur Timbanuh hanya diperbolehkan hingga Pelawangan Timbanuh.

“Kami menghimbau seluruh pendaki untuk tidak melakukan pendakian secara illegal atau tidak melapor kepada petugas terlebih dahulu.” Ujar Seno Pramudita, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Rinjani BTNGR).

Pembukaan ini sejalan dengan rekomendasi Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) setelah evaluasi aktivitas Gunung Rinjani pada level II (Waspada) hingga 9 November 2016. Sebelumnya, pendakian Gunung Rinjani ditutup menyusul letusan Gunung Barujari pada 27 September 2016. (fir/ sumber: Republika.co.id)

Similar Posts